Thursday , 22 February 2024
Home / ENERGI TERBARUKAN / Kementerian ESDM gelar Lomba Hemat Energi di Sekolah 2017

Kementerian ESDM gelar Lomba Hemat Energi di Sekolah 2017

Resourcesasia.id, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) menyelenggarakan acara Penganugerahan Pemenang Lomba Hemat Energi (LHE) di Sekolah 2017 di Hotel JS Luwansa, Jumat (3/11).

Acara ini merupakan salah satu bentuk kampanye pemerintah dalam upaya mensosialisasikan konservasi energi kepada seluruh lapisan masyarakat.

Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana menyatakan bahwa tujuan Lomba Hemat Energi di Sekolah ini adalah menanamkan rasa kepedulian para siswa terhadap konservasi energi dan menjadi motor penggerak budaya hemat energi di masa yang akan datang.

“Kami harapkan siswa dapat menjadi agen perubahan dan pelopor gerakan hemat energi,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Rida berharap kepada tenaga pendidik agar terus memantau dan mengarahkan anak didik untuk peduli dan menerapkan upaya-upaya penghematan energi, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang berbudaya hemat energi.

Pada tahun ini, Lomba Hemat Energi yang berhadiah total Rp.350 juta ini melibatkan sekolah-sekolah di lima kota, yaitu Palembang, Wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Selama periode lomba, peserta ditantang untuk menunjukan upaya serta komitmen dari seluruh elemen sekolah dalam menerapkan penghematan energi. Selain itu, para siswa juga mengikuti berbagai kompetisi bulanan, yaitu kompetisi membuat video, jingle, mural, artikel, poster dan fotografi dengan tema hemat energi.

Pada akhir rangkaian lomba ini, dilaksanakan penjurian untuk memilih sekolah, manajer energi, serta pahlawan energi terbaik.

Tim juri pada ajang ini terdiri dari praktisi di bidang konservasi energi, perwakilan Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PT PLN (Persero), Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, serta Dinas Pendidikan kota Palembang, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. (Dwi)

Foto: Dok ESDM

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Venue Olahraga Pertama Pengguna Layanan REC PLN, Kawasan GBK 100 Persen Gunakan Energi Bersih

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PLN resmi hadirkan energi hijau di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *