Tuesday , 5 March 2024
Home / KELISTRIKAN / Target 1,5 Juta Pengguna ICONNET Tahun 2024, PLN Icon Plus Optimis
Dalam waktu 3 tahun, ICONNET berhasil mencetak rekor 1 juta pelanggan.

Target 1,5 Juta Pengguna ICONNET Tahun 2024, PLN Icon Plus Optimis

RESOURCESASIA.ID, BANDUNG – Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak usahanya PT Indonesia Comnet Plus (Icon Plus) Penyedia layanan internet fixed broadband  menargetkan pertumbuhan bisnis tahun 2024 capai 1,5 juta pelanggan ICONNET.

Untuk mencapai target tersebut, PLN Icon Plus kian agresif melakukan penetrasi bisnis ke pelosok daerah lewat program ICONNET, layanan internet berbasis fiber optik.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, perusahaan terus menggenjot bisnis dengan membangun konektivitas internet di berbagai daerah, khususnya wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

“Pertumbuhan tinggi ini didukung ekspansi kami dalam bisnis beyond kwh (bisnis di luar kelistrikan). Salah satunya konektivitas dengan brand ICONNET yang sudah mencapai 1 juta pelanggan di Indonesia,” kata Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam acara Media Gathering PLN Icon Plus di Bandung, Jumat (1/12/2023).

BACA JUGA :

Tembus 1 Juta Pengguna ICONNET, PLN Icon Plus Dukung Pemerataan Akses Internet di Indonesia

Ari mengungkapkan, saat ini posisi Icon Plus terbantu dalam subholding PLN dengan melakukan utilisasi aset. Hal ini membuat PLN Icon Plus mudah mengakses daerah yang sulit dijangkau di pelosok tanah air.

Direktur Utama, Ari Rahmat Indra Cahyadi, PT Indonesia Comnet Plus (Icon Plus) Penyedia layanan. internet fixed broadband menargetkan pertumbuhan bisnis tahun 2024 capai 1,5 juta pelanggan ICONNET

“Kami didukung seluruh tim dan 100 kantor PLN. Ini salah satu kekuatan kami dalam memberikan layanan di daerah 3T. Selain PLN jual listrik, kami di ICONNET promosi jual internet,” ujar Ari.

PLN Icon Plus juga siap membuka peluang kerja sama dan investasi dengan berbagai pihak untuk mendukung pembangunan fiber optik di daerah 3T.

Kolaborasi ini penting dalam pengembangan infrastruktur dan teknologi untuk meningkatkan layanan yang diberikan.

Hal ini sejalan dengan target konsumen pendapatan menengah ke bawah, serta tujuan ICONNET menyasar ke daerah-daerah pinggiran yang belum terlalu banyak terjamah internet fiber.

Ari mengatakan produk layanan ICONNET juga terus berinovasi. Seperti melakukan paket bundling internet dengan teknologi energi terbarukan, PLTS Atap (PV Rooftop).

Memonetisasi bisnis panel surya atap ini adalah bagian dari salah satu bisnis perusahaan untuk mengintegrasikan dengan layanan lain, yakni smart green solution.

BACA JUGA : 

PLN Icon Plus Siap Hadirkan Solusi Smart City di IKN

Ari Rahmat mengungkapkan langkah transformasi PLN Icon Plus tidak sekedar melayani jaringan internet ke seluruh pelosok tanah air, tetapi memberikan banyak tawaran bebrbagai produk dari PLN Icon Plus yang bisa dimanfaatkan pelanggan.

“Transformasi yang dijalankan PLN Icon Plus sukses mengubah dari sebelumnya dari penyedia connectivity menjadi penyedia solusi Smart and Green Energy saat ini,” ungkapnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen PLN Icon Plus mempercepat transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan.

Transformasi yang dijalankan PLN Icon Plus sukses mengubah dari sebelumnya dari penyedia connectivity menjadi penyedia solusi Smart and Green Energy saat ini.

“ICONNET akan terus mengedepankan layanan yang reliable (dapat diandalkan), affordable (terjangkau), dan unlimited (tak terbatas),” tegasnya.

Kedepan, menurutnya, jaringan ICONNET membidik pasar baru yang belum di sentuh provider lain. “Saat ini kita sudah ada di 12.000 desa pada 353 Kabupaten/Kota. Dan kedepan kita akan terus kembangkan ke wilayah lainnya,” katanya.

“Strategi yang akan ditempuh perseroan dalam mengejar target jumlah pelanggan terbukti efektif, terbukti hanya dalam 3 tahun operesional, jaringan penggunan internet ICONNET telah tembus 1 juta pelanggan. “Bila 3 tahun lalu kita masih di beringkat bawah, kini sudah naik peringkat 2 dari pelanggan,” katanyanya bangga.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, optimis PLN Icon Plus siap menjadi bagian integral dalam mendukung transisi energi melalui solusi pintar dan inovatif seperti smart home, smart building, internet fiber optik, solusi energi bersih melalui PLTS Atap hingga utilitas aset-aset PLN.

Selain masif dalam layanan internet broadband, PLN Icon Plus juga suskes mendeliver PV Rooftop dari bulan Januari sampai bulan Noveber sebesar 50 Mwp hasil kolaborasi dengan bebetapa patner kepada pelanggan. “ Ini angka yang cukup besar untuk sebuha bisnis yang baru dimulai,” katanya.

Dengan menembus pasar global, PLN Icon Plus mulai menggarap pasar Timur Leste menjadi satu satunya provider gateway disana.

BACA JUGA :

Jaga Keamanan Aset, PLN Icon Plus Akan Tertibkan Kabel Fiber Optic Tidak Berizin di Jaringan Milik PLN

Ari Rahmat optimis PLN Icon Plus siap menjadi bagian integral dalam mendukung transisi energi melalui solusi pintar dan inovatif seperti smart home, smart building, internet fiber optik, solusi energi bersih melalui PLTS Atap hingga utilitas aset-aset PLN

Tembus 1 Juta Pelanggan

Dalam waktu 3 tahun, ICONNET berhasil mencetak rekor 1 juta pelanggan.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi

Capaian tersebut merupakan yang tertinggi sejak berdiri, padahal pada dua bulan pertama setelah diluncurkan ICONNET hanya mencatatkan 45.000 pelanggan.

Kehadiran ICONNET yang berdiri pada 31 Mei 2021 tersebut diminati masyarakat. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan pesat pelanggan ICONNET sekitar 500.000 pelanggan pada tahun 2023.

Prestasi ciamik tersebut turut mendongkrak posisi ICONNET menjadi nomor dua  di industri provider internet.

Sebagai pendatang baru, ICONNET memiliki daya saing yang kompetitif dengan pesaingnya.

Dalam waktu 3 tahun, ICONNET berhasil mencetak rekor 1 juta pelanggan.

Sebagai bagian dari PLN Icon Plus yang memiliki sepak terjang lebih dari 20 tahun, ICONNET juga memiliki nilai unggul sebagai satu-satunya provider internet rumah yang bisa memasang infrastruktur di atas kabel PLN.

“ICONNET sudah siap jawab kebutuhan jaringan internet dan tuntutan pelanggan, internet yang andal, cepat, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat,” kata Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus Heni Utari Ambarwati.

Sebelumnya, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo menyampaikan apresiasinya atas pencapaian ini.

BACA JUGA : 

PLN Icon Plus Dukung Transformasi Ekonomi Digital, Ajak Karang Taruna Daerah Istimewa Yogyakarta Kolaborasi

“PLN mendorong PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi produk, termasuk pengembangan ICONNET kedepannya,” ujar Hartanto yang juga Komisaris Utama PLN Icon Plus. (Rama Julian)

Foto : Dok Resourcesasia.id

 

 

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Produsen Kendaraan Listrik Global Sambut Baik Kebijakan RI

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Kebijakan konkret RI untuk mendongkrak industri kendaraan listrik (EV) yang mengumumkan serangkaian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *