Thursday , 25 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / UNS, ITB, Unair, ITS dan UPN Jogja lolos TOP 3 Pertamuda Seed and Scale 2023
Ilustrasi saat kegiatan Mini Expo Pertamuda 2023 yang diikuti oleh TOP 30 Pertamuda 2023. Terdiri dari TOP 10 Energy Founder dan TOP 20 Early Stage Startup, Mini Expo ini sekaligus menjadi kesempatan bagi para peserta untuk memperkenalkan ide bisnis yang mereka miliki kepada para investor. Mini Expo ini turut dihadiri oleh Direktur Perencanaan & Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso dan Manager Non-Government Relations PT. Pertamina (Persero), Probo Prasiddhahayu. Kegiatan ini dilaksanakan pada 29 November 2023, di The Patra Bali Resort & Villa, Bali.

UNS, ITB, Unair, ITS dan UPN Jogja lolos TOP 3 Pertamuda Seed and Scale 2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina mengumumkan top 3 Pertamuda Seed and Scale 2023 dari masing – masing kategori pada acara Awarding Night, Rabu (29/11) di The Patra Resort and Villas. Mereka memperebutkan dana pembinaan dengan total nilai Rp 405 juta.

Top 3 tersebut adalah Iotanic dari Universitas Sebelas Maret, Mengasihi dari Universitas Institut Teknologi Bandung, Smartpath dari UPN Veteran Yogyakarta untuk kategori early stage startups. Sedangkan untuk kategori energi founder pemenangnya adalah Gelatah dari Universitas Airlangga, Panzo dari Institut Teknologi Sepuluh November, dan Winergy dari Institut Teknologi Bandung.

VP Stakeholder Relations & Management selaku Pjs Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, Pertamuda atau Pertamina Muda Seed & Scale adalah sebuah program dari Pertamina yang merupakan kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia, terbuka untuk ide bisnis dengan berbagai sektor yang berimplementasi pada pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Pertamuda, Energizing Your Future adalah sekuel ketiga di tahun 2023. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2023 ini ada 2 kategori yaitu Early Stage Startups dan Energy Founder.

Early Stage Startup, yaitu kategori kompetisi untuk bisnis rintisan, dapat berupa bisnis yang masih berada pada tahap ideasi atau bisnis pada tahap awal yang masih bergantung pada seed funding (pendanaan awal). Energy Founder, yaitu kategori kompetisi yang diperuntukan khusus bagi founder dengan ide bisnis bidang energi.

BACA JUGA :

Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina Tampil di COP28 Dubai

Pertamuda 2023 telah melalui serangkaian acara, diantaranya, pelaksanaan Kick Off pada 30 Agustus lalu, dilanjutkan dengan Workshop Series. Selanjutnya, dari semua pendaftar Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda 2023, dilakukan kurasi ide bisnis untuk menentukan peserta yang berhak maju ke babak Demoday & Final Pitch Pertamuda 2023 ini.

Ilustrasi saat kegiatan Business Match Pertamuda 2023 yang dilakukan oleh beberapa peserta terpilih dengan para investor. Dari kegiatan ini para peserta terpilih dipertemukan dengan beberapa investor yang tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam soal bisnis mereka. kegiatan Business Match ini dilakukan pada 29 November 2023, di The Patra Bali Resort & Villa, Bali.

Dari total 2.719 peserta yang mendaftar dari 32 provinsi dan berasal dari 238 perguruan tinggi negeri dan swasta, terpilih sebanyak 30 tim peserta dari 21 kampus mengikuti Demoday Pertamuda 2023. Terdiri dari 20 startup berbasis SDG dan 10 startup berbasis energi yang telah berhasil melalui tahap seleksi ketat, dan akan melanjutkan perjuangan untuk memperebutkan 6 posisi terbaik Pertamuda 2023.

Top 3 kategori Early Stage Pertamuda 2023 akan mendapatkan dana pembinaan senilai total Rp 300 juta dan 3 peserta terbaik dari kategori Energy Founder akan mendapatkan dana pembinaan senilai total Rp 105 juta.

Menariknya di Pertamuda tahun ketiga ini, peserta yang lolos bervariatif daerah asalnya dan cukup banyak kampus swasta yang lolos dibandingkan tahun sebelumnya. Diantaranya UK Petra Surabaya, IAIN Lhokseumawe, IKIP PGRI Poltek Energi dan Mineral Akamigas Blora, Universitas Riau, IKIP PGRI Linggabuana Sukabumi, Binus Malang.

“ Kami tetap ingin program ini terus berlanjut, karena ini sesuai dengan amanat pemerintah untuk meningkatkan skill entrepreneurship kalangan muda. Kami ingin bisnis mereka berkembang makanya kami juga melibatkan fungsi-fungsi terkait agar bisnis mereka bisa lebih matang di kemudian hari,” ujar Rifky.

Rifky berharap dengan adanya kegiatan ini, PT Pertamina (Persero) dapat mempererat sinergi kampus dan industri serta mendorong pertumbuhan wirausaha muda di Indonesia serta memberikan ruang dan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan ide bisnisnya.

Atep Salyadi Dariah Saputra, Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha selaku Pjs Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dalam sambutannya, mengapresiasi pada para peserta, mentor, mitra, tim penyelenggara dalam penyelenggaraan Pertamuda 2023.

“Tanpa dedikasi dan semangat kita semua, pencapaian hari ini tidak mungkin terwujud. Malam ini akan menjadi milestone utama yang telah berkompetisi dengan sepenuh hati dan setiap langkah yang diambil peserta adalah perwujudan dari visi bersama untuk berkontribusi positif dalam industri energi dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Ilustrasi saat kegiatan Awarding Pertamuda 2023. Setelah Final Pitch, dewan juri telah memutuskan TOP 3 dari masing-masing kategori yaitu IO.TANIC dari Universitas Sebelas Maret, Smartpath dari UPN Veteran Yogyakarta, dan Mengasihi dari Institut Teknologi Bandung dari kategori Early Stage Startup. Untuk kategori Energy Founder yang terpilih menjadi TOP 3 adalah Winergy dari Institut Teknologi Bandung, Panzo dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Gelatah dari Universitas Airlangga. Penyerahan plakat dan dana pembinaan dilakukan oleh Vice President Stakeholder Relations & Management PT Pertamina (Persero) Rifky Rahman Yusuf dan Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero). Kegiatan Awarding ini dilakukan pada 29 November 2023, di The Patra Bali Resort & Villa, Bali.

Menurutnya, awarding night tidak hanya sesi penganugerahan namun juga momen merayakan prestasi kolektif dan komitmen bersama untuk mencapai tujuan Pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA : 

Di Ajang Pertemuan Iklim Dunia Pertamina Nyatakan Siap jadi Pemain Utama Penyimpan Karbon Indonesia

Penganugerahan tidak hanya sekedar memberikan penghargaan kepada pemenang tapi juga bentuk apresiasi terbaik atas setiap usaha dan ide yang dilakukan oleh setiap peserta. “Keberhasilan kita adalah cerminan dari kerja keras kreativitas yang telah telah diterapkan dalam setiap kompetisi. Pertamina bangga jadi bagian dari kompetisi yang mendukung inovasi serta menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan solusi energi berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, selain pelaksanaan Demoday dan final pitch, di hari yang sama juga dilaksanakan mini expo dan business matching antara 20 venture capital dan angel investor bersama peserta. Hasilnya 10 start up mahasiswa memperoleh letter of interest dari investor dan sedang dalam penjajagan untuk investasi lanjutan. Para start up mahasiswa tersebut adalah Remic, Sipinter, Consense, smartpath, Arta Grow Persada, Iotanic, Mengasihi, Sea Bening, El Laucky dan Water Coin. (Rama)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Kolaborasi Pertamina – Toyota, Uji Coba Bioethanol 100% di GIIAS 2024

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina terus mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *