Thursday , 22 February 2024
Home / KELISTRIKAN / PLN Icon Plus Dukung Provider Penyediaan Layanan Internet di IKN

PLN Icon Plus Dukung Provider Penyediaan Layanan Internet di IKN

RESOURCESASIA.ID, BANDUNG – Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak usahanya PT Indonesia Comnets Plus (Icon Plus) mendukung pengadaan jaringan internet di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara termasuk wilayah pendukung IKN di Kalimantan.

PLN Icon Plus merupakan anak usaha PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang telekomunikasi Penyedia layanan internet fixed broadband.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi di sela acara Media Gathering PLN Icon Plus di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/12).

Menurut Ari Rahmat, PLN Icon Plus menjadi satu dari dua provider terpilih untuk menyediaan layanan internet di IKN dan sudah ada tim yang diterjunkan untuk mensupport kegiatan tersebut.

BACA JUGA : 

PLN Icon Plus Siap Hadirkan Solusi Smart City di IKN

“Kita sudah mempersiapkan infrastruktur fiber optik dan sedang mempersiapkan pemasangan kabel-kabel optik bersamaan dengan pemasangan kabel listrik di IKN dan pada Desember ini sudah siap dipasang,” kata Ari Rahmat.

dikatakan Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

Ditambahkan Ari Rahmat, sesuai dengan target Pemerintah yang akan menggelar upacara kenegaraan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN maka pada bulan Juli 2024 sistem pendukung komunikasi IKN sampai ke tempat pelaksanaan upacara sudah selesai.

Sementara untuk wilayah pendukung IKN, Ari Rahmat mengungkapkan bahwa saat ini PLN Icon Plus sudah memiliki jaringan dan sistem fiber optik dari ujung utara, timur, selatan dan barat Kalimantan yang akan menjadi pendukung jaringan di IKN.

“Jaringan fiber optik kami terpasang di tower tegangan tinggi PLN sehingga ini sangat handal dan sangat realiabel dan ini juga bisa menopang IKN dengan sistem proteksi sehingga memastikan ketika ada satu kabel putus maka kabel lain akan berfungsi sebagai back up,” ujar Ari Rahmat.

BACA JUGA : 

Tembus 1 Juta Pengguna ICONNET, PLN Icon Plus Dukung Pemerataan Akses Internet di Indonesia

Di sisi lain, Ari Rahmat juga mengatakan Icon Plus melalui program Iconnet, layanan internet berbasis fiber optik telah menjangkau 353 kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia.

“Dengan menjangkau 353 Kabupaten dan Kota, serta melayani 12.740 desa di Indonesia, Iconnet sudah mencapai sekitar 80 persen wilayah kabupaten dan kota,” ucap Ari Rahmat.

PLN Icon Plus, katanya lagi, masih akan terus melakukan ekspansi ke seluruh kabupaten dan kota Indonesia, sehingga seluruh wilayah negeri bisa terlayani, bahkan hingga daerah pelosok.

PLN Icon Plus Ekpansi ke Pelosok kabupaten dan kota Indonesia

PLN Icon Plus, katanya lagi, masih akan terus melakukan ekspansi ke seluruh kabupaten dan kota Indonesia, sehingga seluruh wilayah negeri bisa terlayani, bahkan hingga daerah pelosok.

“Ini adalah salah satu bentuk kontribusi PLN Icon Plus memperkuat digitalisasi di Indonesia,” katanya.

Ari mencontohkan daerah pelosok yang berhasil disentuh layanan iconnet adalah salah satu pulau di Bangka Selatan, dengan jumlah penduduk sekitar 6.000 orang.

“Layanan internet di pulau tersebut 100 persen adalah Icon. Di sana, PLN membangun kabel bawah laut, yaitu kabel listrik plus iconnet,” jelasnya.

BACA JUGA : 

Target 1,5 Juta Pengguna ICONNET Tahun 2024, PLN Icon Plus Optimis

“Selain itu, ada Pulau Untung Jawa dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Kita juga menjangkau wilayah-wilayah yang jarang sekali didengar di wilayah Kalimantan dan Sulawesi” imbuhnya.

Tidak hanya di wilayah Indonesia, Iconnet juga menjangkau negara lain, yaitu Timor Leste. “Saat ini Timor Leste sudah menggunakan jaringan internet iconnet. Ada cerita penuh haru saat Iconnet masuk Timor Leste. Fiber optik dianggap seperti barang mewah, yang bahkan disambut langsung oleh Presiden Timor Leste,” pungkasnya.

 

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Limbah Kerang Jadi Batako Penghasil Listrik di Tangan Mahasiswa

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Memiliki 62 persen luas wilayah berupa perairan seluas 6,32 juta km², produksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *