Wednesday , 24 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Pertamina Drilling berhasil Aplikasikan External Casing Cutter pertama kali, manfaatkan tantangan jadi peluang
Pertamina Drilling merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Pertamina Drilling memiliki visi “Untuk menjadi perusahaan Drilling dan Energi Services kelas dunia”. Sementara, misi perusahaan yang berdiri pada 13 Juni 2008 ini adalah “Sebagai Mitra Strategis terpilih untuk memberikan solusi terpadu yang berkualitas tinggi dalam percepatan keberlanjutan energi, memberikan nilai tambah maksimal untuk pemangku kepentingan”.

Pertamina Drilling berhasil Aplikasikan External Casing Cutter pertama kali, manfaatkan tantangan jadi peluang

RESOURCESASIA.ID, KALIMANTAN TIMUR – PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling) anak usaha dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil menyelesaikan pekerjaan external casing cutter terhadap sumur eksplorasi offshore PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) pada Minggu (8/10).

Bertempat di Sumur TDE C-1x.T1, Barge Sea Haven 7 dibawah naungan PHM. Berlokasi di Delta Mahakam, Kalimantan Timur, pekerjaan ini merupakan kali pertama Pertamina Drilling menggunakan teknologi external casing cutter.

Dalam proyek ini, teknologi external casing cutter digunakan dalam tahap akhir prosedur well plug and abandonment, yaitu proses memotong, mencabut peralatan, dan menutup lubang sumur guna memenuhi standar internasional dalam prosedur tersebut. Secara teknis, kapasitas teknologi external casing cutter mampu memotong beberapa pipa yang tersemen dengan diameter 16-38 inci.

BACA JUGA : Dukung Target Pemerintah, PDSI Berinvestasi Rig Baru

“Selain dapat digunakan dalam pekerjaan well plug and abandonment, teknologi external casing cutter juga dapat digunakan untuk memotong pipeline dan kaki atau jacket platform,” tutur Setiohadi selaku Project Support Coordinator Pertamina Drilling.

Boris Styward selaku Drilling Specialist Pertamina Drilling mengatakan bahwa karena proyek ini adalah kali pertama Pertamina Drilling menggunakan teknologi external casing cutter, terdapat beberapa tantangan dalam eksekusinya. “Karena sebelumnya Pertamina Drilling belum pernah menggunakan teknologi external casing cutter dan alat yang digunakan dalam pekerjaan ini relatif baru, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pertamina Drilling,” ujar Boris.

Reinhard Aberson Panjaitan selaku Manager Unconventional & Non-Rig Services Pertamina Drilling berharap bahwa keberhasilan penyelesaian pekerjaan ini dapat menjadi awal pembuka bagi Pertamina Drilling untuk dapat terus mendukung program kerja pemboran dan kerja ulang di PHM, PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), dan Subholding Upstream sehingga mampu memperluas pasar jasa Pertamina Drilling pada masa mendatang. (Rama)

Foto : Dok PDSI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Siap Dukung Event Internasional, Pasokan dan Distribusi BBM di Bali dipastikan Berjalan Lancar

RESOURCESASIA.ID, BALI – Bali terkenal dengan daerah tujuan wisata dan menjadi tempat perhelatan nasional hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *