Saturday , 13 July 2024
Home / PASAR MODAL / Laba Bersih MedcoEnergi Tembus 242 Juta Dolar AS Hingga Kuartal III/2023
Blok Corridor yang berada di wilayah Sumatera Selatan

Laba Bersih MedcoEnergi Tembus 242 Juta Dolar AS Hingga Kuartal III/2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Medco Energi Internastional Tbk (MEDC) mengumumkan kinerja keuangan selama sembilan bulan di tahun 2023 atau hingga akhir kuartal III-2023. Laba bersih yang dicapai pada periode tersebut adalah sebesar US$242 juta. Sementara itu EBITDA tercatat sebesar US$941 juta dan kas dan setara kas US$666 juta.

Chief Executive Officer (CEO) Medco Energi, Roberto Lorato mengungkapkan, dengan senang melaporkan hasil operasional dan keuangan yang solid di kuartal III ini.

BACA JUGA : Keren, Medco Energi Raih Kembali Anugrah Subroto Award 2023

“Laporan terbaru kami memperlihatkan cadangan Natuna dan Corridor yang lebih besar yang menunjukkan kapabilitas MedcoEnergi yang baik dan hasil investasi berkelanjutan pada aset-aset kami yang tinggi. Untuk meningkatkan nilai perseroan, kami akan terus fokus pada cost leadership dan penyelesaian proyek utama,” ujar Roberto dikutip dalam keterangan resmi yang diterima Resourcesasia.id, Kamis, 2 November 2023. 

Medco E&P Natuna menjadikan anjungan Bronang (Bronang Platform) di lepas pantai Natuna, Kepulauan Riau, sebagai Green Platform yang dioperasikan dengan memanfaatkan sumber energi hijau dari panel surya.

Berikut ini adalah beberapa poin utama dari pengumuman kinerja keuangan MedcoEnergi selama sembilan bulan pertama 2023:

Dividen Interim 2023

MedcoEnergi akan membayarkan dividen interim sebesar IDR15 per saham untuk tahun buku 2023.

Laba Bersih dan EBITDA

Laba bersih selama sembilan bulan pertama 2023 adalah sebesar AS$242 juta. EBITDA mencapai AS$941 juta, yang mencerminkan penurunan harga minyak dan gas serta berkurangnya kontribusi AMMN.

Produksi Minyak & Gas

Produksi minyak dan gas stabil sebesar 161 ribu barel setara minyak per hari (mboepd) dari tahun ke tahun.

Harga minyak rata-rata selama sembilan bulan pertama 2023 adalah AS$77 per barel (bbl), turun dari US$101,1/bbl pada periode yang sama tahun 2022. Namun, harga minyak pada Q3 2023 pulih menjadi AS$80/bbl.

Laba Bersih dari AMMN

Bagian laba bersih MedcoEnergi dari AMMN adalah AS$13 juta, mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Cadangan Natuna dan Corridor

Laporan cadangan baru di Natuna dan Corridor memperpanjang umur cadangan terbukti dan terduga MedcoEnergi menjadi 9,7 tahun.

Belanja Modal

Belanja modal sebesar AS$210 juta digunakan terutama untuk pengembangan Natuna, Corridor, dan Ijen.

Utang

Utang konsolidasi sebesar AS$2,9 miliar, turun 12% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Utang Restricted Group sebesar AS$2,5 miliar, turun 14% dari tahun sebelumnya.

Kas dan setara kas berjumlah AS$666 juta, dengan Rasio Utang Bersih terhadap EBITDA sebesar 1,6x.

Pembiayaan

Pada Q4 2023, akan dilakukan tender offer untuk membeli kembali Surat Utang Dolar AS 2025–2028 senilai AS$425 juta dan menerbitkan Surat Utang Dolar AS 2029 senilai AS$500 juta untuk pembiayaan kembali

Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Kinerja Minyak & Gas

Produksi minyak dan gas tetap stabil sebesar 161 mboepd dengan biaya produksi sebesar AS$7,5 per barel setara minyak (boe).

Belanja modal minyak dan gas sebesar AS$155 juta, dengan fokus pada penyelesaian beberapa proyek pembangunan di Natuna dan Corridor.

Kinerja Ketenagalistrikan

  • Medco Power mencapai penjualan sebesar 3.079 GWh, dengan 20% berasal dari sumber energi terbarukan.
  • Penjualan meningkat 5% dibandingkan tahun sebelumnya, berkat kontribusi IPP berbahan bakar gas di Riau sebesar 275 MW dan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya di Sumbawa sebesar 26 MWp.
  • Harga listrik rata-rata adalah AS¢ 3,7 per kilowatt-jam (kWh), naik 2,8% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Belanja modal ketenagalistrikan sebesar AS$55 juta, dengan penyelesaian pembangunan pembangkit listrik geotermal Ijen 34 MW yang dijadwalkan selesai pada Desember 2024.

Kinerja AMMN

  • AMMN menghadapi biaya kepatuhan yang lebih tinggi karena beberapa faktor, termasuk tertundanya penerbitan izin ekspor dan kenaikan bea ekspor.
  • Produksi tembaga sebesar 199 juta pon (Mlbs) dan produksi emas sebesar 259 ribu ons (Koz).
  • Realisasi harga rata-rata tembaga adalah AS$4,0 per pon (lbs).
  • Pembangunan smelter berjalan sesuai jadwal, diperkirakan mencapai progres lebih dari 70% pada akhir tahun.

Panduan 2023

Panduan Perseroan untuk tahun 2023 mencakup target produksi minyak dan gas sebesar 160 mboepd, penjualan ketenagalistrikan sebesar 4.000 GWh, biaya produksi minyak dan gas di bawah AS$10 per boe, dan total belanja modal minyak dan gas sebesar AS$250 juta serta ketenagalistrikan sebesar AS$80 juta.

BACA JUGA : MedcoEnergi Terbitkan Obligasi Sebesar AS$500 Juta

Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, menyatakan kegembiraannya dengan kinerja operasional dan keuangan Perseroan.

“Saya merasa senang dengan kinerja operasional dan keuangan Perseroan. Penerbitan obligasi terbaru dan dukungan investor yang kuat menunjukkan keberhasilan Perseroan dalam memenuhi komitmen dan rencana deleveraging secara konsisten. Dengan membaiknya harga komoditas dan permintaan energi, kami berharap dapat terus melanjutkan pertumbuhan yang berkelanjutan.” pungkas Hilmi. (Rama)

Foto : Dok Medco Energi

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Perusahaan Listrik Swasta Ini Tetapkan Dividen Tahun 2023 Sebesar USD73,23 Juta

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pemegang saham PT Cikarang Listrindo Tbk menyetujui untuk mengalokasikan mayoritas laba bersih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *