Tuesday , 5 March 2024
Home / ENERGI TERBARUKAN / Pemerintah Resmikan Infrastruktur EBTKE di Kawasan Kalimantan Utara

Pemerintah Resmikan Infrastruktur EBTKE di Kawasan Kalimantan Utara

Resourcesasia.id. Kalimantan Utara – Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyan, Sabtu (6/5), meresmikan beberapa infrastruktur EBTKE di kawasan Kalimantan Utara. Pembangunan infrastruktur EBTKE ini merupakan program Direktorat Jenderal EBTKE yang sumber dana nya berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2016, terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya dan Retrofit.

Pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kota Tarakan, Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Bulungan memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah navigasi pengguna jalan, keamanan dan keselamatan pengguna, keindahan lingkungan dan memberikan keuntungan komersial.

PLTS di Kabupaten Bulungan bekerja dengan sistem offgrid sejak bulan November 2016 yang telah memenuhi kebutuhan listrik 197 rumah warga dan fasilitas umum seperti sekolah, gedung pertemuan warga dan rumah ibadah.

Sejumlah Proyek yang akan diserahterimakan di dusun Siandau, PJU-TS Kota Tarakan TA 2016 jumlah 45 unit dengan Nilai Aset Rp.1.056.139.150, PJU-TS Kabupaten Tana Tidung TA 2016 jumlah 40 unit dengan nilai asset Rp.957.691.570, Serah terima tersebut sekaligus peresmian sejumlah Proyek yang terdiri dari, PJU-TS 40 W Jumlah 155 dan Lampu LED Retrofit 90 W Jumlah 85, Kabupaten Bulungan TA 2016 dengan nilai total Rp. 4.894.440.122, PLTS dusun Siandau Kabupaten Bulungan TA 2016 jumlah 1 unit kapasitas 15 kwp dengan nilai aset Rp. 2.763.217.726, PLTS desa Liagu Kabupaten Bulungan TA 2016 jumlah 1 unit kapasitas 30 kwp dengan nilai aset Rp. 4.504.668.409

PLTMH desa Rajuk Semolon kabupaten Malinau TA 2016 jumlah 1 unit kapasitas 20 kw dengan nilai aset Rp. 4.512.294.302, PLTMH desa Long Jelet Kabupaten Malinau TA 2015 jumlah 1 unit kapasitas, 39 kw dengan nilai Aset Rp. 3.645.663.500, PJU-TS di Kota Tarakan dan Kabupaten Tana Tidung yang baru saja diserahterimakan.

Untuk memastikan keamanan dan kualitas instalasi PLTS, kedua PLTS tersebut telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari instansi terkait. Sedangkan Pembangunan PLTS Terpusat yang dilakukan meliputi pemasangan modul surya fotovoltaik, instalasi rumah pembangkit yang terdiri dari perangkat inverter dan baterai, pemasangan jaringan tegangan rendah untuk menjangkau seluruh wilayah desa, serta instalasi rumah masyarakat.

Dua PLTMH di Kabupaten Malinau mengalirkan listrik ke 26 sambungan rumah Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 1,6 Km di Desa Long Jelet, Kecamatan Punjungan dan 59 sambungan rumah dan menggunakan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3 Km di Desa Rajuk Semolon, kecamatan Mentarang.

Dengan dibangunnya PJU Tenaga Surya, PLTS dan PLTMH ini dapat menjadi pemicu agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat, dan juga agar infrastruktur – infrastruktur yang telah dibangun, dapat dikelola dan dipelihara oleh Pemda dan juga oleh masyarakat, sehingga menjadi aset penting daerah dan bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Pembangunan PLTS terpusat tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 10 Tahun 2012, merupakan tindak lanjut dari usulan permohonan bantuan PLTS Terpusat oleh Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini rutin dilakukan dengan tujuan memberikan akses listrik dari sumber energi terbarukan kepada masyarakat di desa yang belum mendapat jaringan listrik. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mewujudkan energi yang berkeadilan di seluruh wilayah Indonesia. (Dwi)

Foto: Dok ESDM

 

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

BRIN: Minyak Sawit Paling Memungkinkan Diolah Jadi Bahan Energi Terbarukan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan minyak sawit merupakan bahan baku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *