Wednesday , 24 July 2024
Home / KELISTRIKAN / Libur Nataru, Warga yang Mudik Diingatkan Matikan Listrik
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran saat mengecek listrik rumah warga di DKI Jakarta.

Libur Nataru, Warga yang Mudik Diingatkan Matikan Listrik

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menghimbau kepada warga khususnya warga DKI Jakarta yang ingin mudik saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diimbau untuk mematikan aliran listrik yang tidak terlalu penting.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Seperti hubungan arus pendek listrik atau korsleting yang menyebabkan kebakaran.

“Kepada Bapak-Ibu yang akan mudik, harap meninggalkan rumah dalam bentuk kosong daya listrik. Tolong matikan beban-beban daya listrik yang tidak terlalu penting, nyalakan saja seperlunya,” kata Lasiran, Kamis (7/12/2023).

Lasiran meminta peralatan seperti pendingin ruangan (AC), televisi (TV) dan peralatan lain yang tidak penting untuk dimatikan. Ini sebelum berangkat mudik.

“AC matikan, TV matikan dan bila perlu kalau AC, TV itu kontaknya itu dicabut supaya tidak boros listrik. Tetapi kalau kulkas yang ada makanannya atau kolam yang ada ikannya, silahkan dinyalakan,” ujarnya.

Namun, ujar Lasiran, warga diminta untuk memasangkan instalasi listrik dengan benar. Maka itu, perlu dilakukan pengecekan sebelum meninggalkan rumah.

“Tolong dipastikan bahwa itu peralatan listrik terpasang dengan benar. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Adapun jika ada yang lupa untuk mematikan daya listrik atau terkait gangguan listrik lainnya, kata Lasiran, warga diminta untuk menghubungi PLN. Ini melalui PLN Mobile atau lewat kontak 123.

“Kontak kami, kami siaga 24 jam di PLN Mobile. Silahkan sebelum mudik yang belum unduh, silahkan unduh, atau kalau yang belum ‘download’, pakai PLN 123 kami 24 jam,” katanya.

PLN UID Jakarta Raya menyiapkan 17 posko atau kantor unit untuk menjaga ketersediaan atau pasokan listrik saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sebanyak 17 posko tersebut dijaga secara bergantian oleh sekitar 2.000-2.500 personel sejak 18 Desember 2023 sampai 8 Januari 2024.

“Untuk posko, kami sudah menyiapkan, ada 17 posko yang bekerja selama 24 jam. Ribuan personel yang siaga secara bergiliran selama 24 jam,” ujarnya. (Rama Julian)

Foto : Dok PLN UID JAYA/Dok Antarafoto

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

PLN Icon Plus Punya Strategi Jitu Hadapi Tantangan Global

RESOURCESASIA.ID, BELITUNG –  PLN Icon Plus menjadi Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) optimistis dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *