Thursday , 25 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Perkuat Komitmen Budaya Anti Korupsi, Elnusa Gelar Acara Hakordia 2023
Direktur Utama Elnusa, John Hisar Simamora menyampaikan, untuk menegaskan komitmen Elnusa dalam mencegah dan memberantas korupsi, Elnusa telah melakukan beberapa langkah, di antaranya dengan membentuk tim Fungsi Kepatuhan, Anti Penyuapan, Etika dan GCG (FUKAPEG).

Perkuat Komitmen Budaya Anti Korupsi, Elnusa Gelar Acara Hakordia 2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (Elnusa) Perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total terus mewujudkan komitmennya dalam menanamkan nilai budaya antikorupsi kepada para pekerjanya dengan menggelar acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 pada (07/12/2023) secara hybrid, langsung di Ruang Udaya, Graha Elnusa. Acara ini mengangkat tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Elnusa Maju”, yang diadopsi dari tema nasional Hakordia yang bertujuan meningkatkan kesadaran semua elemen untuk bersinergi berantas korupsi.

Hakordia yang disahkan untuk diperingati setiap tanggal 9 Desember memiliki tiga dasar utama untuk menumbuhkan budaya antikorupsi, antara lain akuntabilitas, kompetensi, dan etika. Agenda ini diselenggarakan guna menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi serta untuk meningkatkan integritas dan menginternalisasi nilai-nilai antikorupsi khususnya bagi Perwira Elnusa. Hal ini tentu sejalan dengan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang secara efektif dapat memitigasi risiko korupsi dan meningkatkan keberlanjutan bisnis.

Acara dihadiri oleh Komisaris Utama Elnusa Agus Prabowo, Komisaris Independen Lusiaga Levi Susila, Komisaris Independen Hernawan Bekti Sasongko, Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora, Direktur Keuangan Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja, jajaran manajemen Elnusa, serta Direksi Anak Perusahaan dan Perwira Elnusa Group. Dalam acara turut mengundang Kasatgas Keluarga & Dunia Usaha Berintegritas KPK-RI David Sepriwasa, yang memaparkan Sharing Session bertajuk “Pencegahan Korupsi Pelaku Dunia Usaha”, juga hadir Komika Ali Akbar yang menyampaikan pesan kepada Perwira untuk memegang teguh nilai integritas.

BACA JUGA : 

Perkuat Sinergi Mitra Kerja: Elnusa Gelar Contractors HSSE Meeting (ENCORE) 2023

Direktur Utama Elnusa, John Hisar Simamora menyampaikan, untuk menegaskan komitmen Elnusa dalam mencegah dan memberantas korupsi, Elnusa telah melakukan beberapa langkah, di antaranya dengan membentuk tim Fungsi Kepatuhan, Anti Penyuapan, Etika dan GCG (FUKAPEG). “Selain itu, sebagai anak usaha Subholding Upstream Pertamina, Elnusa juga turut mendukung dan melawan perilaku korupsi di lingkungan Elnusa maupun Pertamina Group, dengan selalu meng-kampanyekan pentingnya untuk menjunjung tinggi tata nilai AKHLAK yaitu Amanah,” ucap John.

John juga melanjutkan, Elnusa juga telah menerapkan sertifikasi Sistem Management Anti Penyuapan atau (SMAP) ISO 37001 yang sudah diperbarui di bulan Agustus lalu. Tak hanya itu, internal campaign melalui berbagai saluran komunikasi Perusahaan juga senantiasa dilakukan, demi berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang bebas dari korupsi, serta mendorong kemajuan dan integritas di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama Elnusa, Agus Prabowo menyatakan korupsi terjadi karena ada dua perkara, yaitu niat korupsi dan kesempatan. “Marilah kita jadikan niat tidak ingin korupsi itu sesuatu yang keren serta menjadikan hari Hakordia ‘Sehakordia’ Setiap Hari adalah Hari Antikorupsi Sedunia.” Ajak Agus.

Melalui Hakordia 2023 ini, Perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen Perwira Elnusa Group guna mewujudkan lingkungan bisnis yang bersih dari korupsi, menuju Indonesia yang maju dan berintegritas. (Rama Julia)

Foto : Dok Elnusa

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Kolaborasi Pertamina – Toyota, Uji Coba Bioethanol 100% di GIIAS 2024

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina terus mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *