Friday , 14 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Balikpapan, Awali Rangkaian Pertamina SMEXPO 2023 di 4 Kota

Balikpapan, Awali Rangkaian Pertamina SMEXPO 2023 di 4 Kota

RESOURCESASIA.ID, BALIKPAPAN – Pertemukan 90 UMKM dan 40 Pelaku Industri Pariwisata, PT Pertamina (Persero) kembali berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyelenggarakan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Parekraf bertajuk “KENAROK INPAREKRAF X PERTAMINA SMEXPO” (Kemitraan Nasional Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) di Balikpapan, Provinsi Kalimtan Timur.

PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyampaikan bahwa produk UMKM dapat tampil di hotel-hotel, “Agar produk-produk UMKM dipajang di hotel-hotel di Kalimantan Timur. Ini secara tidak langsung mendorong dalam menjaga inflasi,” kata Akmal.

Kegiatan Pertamina SMEXPO Balikpapan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023 di Pentacity Mall BSB, Lantai LG tersebut, bertujuan untuk mendorong terjalinnya kerja sama antara Industri Pariwisata dengan UMKM, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

“Jadi, produksi dengan pemasaran itu ada networkingnya. Ini tugasnya Dinas Pariwisata, karena pemerintah daerah ada untuk masyarakatnya. Dibantu dengan pendampingan mutu maupun pendanaan dari mitra pemerintah. Kita harus berusaha bagaimana teman-teman UMKM ini bisa dibawa masuk ke pasar yang sesungguhnya,” tambah Akmal.

BACA JUGA : Pemberdayaan PT Pertamina EP Jambi Field Kepada Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Melalui Program Pengembangan Batik

Di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Industri dan Investasi Rizki Handayani menyampaikan kolaborasi antar lembaga dan perusahaan dalam mendukung kemajuan UMKM yang dihubungkan dengan sektor pariwisata akan membentuk ekosistem dalam mendukung perekonomian.

“Ke depannya kita akan mendorong kembali pelaku bisnis yang sudah berorientasi ekspor, untuk meningkatkan devisa,” ujar Rizki.

Kolaborasi antara Pertamina dan Kemenparekraf untuk kegiatan serupa, telah sukses diselenggarakan di 5 titik Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di tahun 2022. Selanjutnya pada tahun ini dilanjutkan di 5 titik dengan program penguatan rantai pasok industri pariwisata yakni di Bandung, Denpasar, Balikpapan dan 2 lokasi menyusul di Surabaya dan Batam.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, Pertamina SMEXPO merupakan gelaran rutin tahunan dari Pertamina sebagai ajang pameran produk berkualitas UMKM binaan, sehingga produk UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Tak sekedar menjajakan produk, di sela SMEXPO juga dilakulan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas UMKM seperti workshop, hingga Temu Bisnis sebagai sarana mempertemukan UMKM dengan Potensial Konsumen Bisnis.

“Kami berharap ajang ini dapat menjadi One Stop Solution bagi UMKM dan Konsumen baik konsumen ritel maupun bisnis. Pada jangka panjang diharapkan dukungan Pertamina terhadap UMKM mampu menumbuhkan multiplier effect untuk menggerakan ekonomi masyarakat, penciptaan lapangan kerja, hingga membawa UMKM ke kancah dunia dengan produk berkualitas,” terang Fadjar.

Senada, VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, SMEXPO merupakan kesempatan bagi UMKM agar bisa mendapatkan kesempatan melakukan penjualan dan pameran di tempat-tempat yang potensi besar mendapatkan customer ritel ataupun buyer.

Dia berharapkan agenda tersebut menjadi kalender tetap, sebagai upaya untuk memperkuat konten lokal dalam rantai pasok industri parekraf sehingga berbagai produk ekraf dapat tersebar diseluruh wilayah.

“Walaupun kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pertamina, namun ada yang berbeda dalam temu bisnis di Balikpapan kali ini, selain pembekalan dan penandatanganan MoU antara pelaku UMKM, juga disemarakkan dengan pameran produk UMKM yang menjadi rangkaian kegiatan Pertamina SMEXPO 2023,” kata Fajriyah Usman.

Fajriyah menambahkan, pameran UMKM ini diharapkan dapat menjadi media tempat penjualan produk-produk UMKM yang telah terkurasi, edupreneur bagi pengunjung, pojok konsultasi bisnis, membangun jejaring kemitraan hingga akhirnya terjalin kolaborasi antara pelaku UMKM.

BACA JUGA : Fantastis! UMKM Pertamina Raup Transaksi Hingga Rp3.36 Miliar di Pameran Inacraft on October 2023

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi hal yang saling terkoneksi dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM,” ungkap Fajriyah.

Berkembangnya destinasi pariwisata akan berdampak positif terhadap UMKM dan industri kreatif, yang pada akhirnya mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Indonesia Andalkan LNG di Era Energi Transisi, Infrastruktur Harus Disiapkan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Transisi energi di Indonesia dengan memanfaatkan gas bumi semakin nyata terwujud. Ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *