Tuesday , 16 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Unggul dalam Manajemen Energi, PT Pertamina EP Zona 9 Terima Penghargaan Subroto 2023

Unggul dalam Manajemen Energi, PT Pertamina EP Zona 9 Terima Penghargaan Subroto 2023

RESOURCESASIA.ID, BALI – PT Pertamina EP (PEP) Tanjung, Sangasanga dan Sangatta Field dari Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, menerima Penghargaan Subroto 2023 Subsektor Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM), Senin (30/10). Ketiga Perusahaan ini mendapat Penghargaan Subroto 2023 Bidang Efisiensi Energi Kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal EBTKE, Yudo Dwinanda Priaadi, mengatakan bahwa penyerahan Penghargaan Subroto 2023 Subsektor EBTKE merupakan bukti bahwa pemerintah dan pihak-pihak yang berkepentingan memiliki semangat dan tujuan yang sama dalam bergerak menuju Nett Zero Emission (NZE) dalam sektor energi.

General Manager Zona 9 Andre Wijanarko menyampaikan terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian ESDM.

BACA JUGA : Gelar Program Gerakan Masyarakat Tanggap Api PEPC Edukasi Bahaya Kebakaran Lahan & Hutan

“Kami menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan dampak kegiatan operasi migas Perusahaan, serta terus mendorong inovasi serta penerapan teknologi pada operasi dan bisnis Perusahaan berdasarkan praktik-praktik terbaik di industri hulu migas nasional dan dunia,” ujar Andre.

“Apresiasi dari Kementerian ESDM ini akan menjadi motivasi bagi Perusahaan untuk terus meningkatkan dan menjalankan praktik-praktik keselamatan terbaik di industri hulu migas nasional dan global untuk menghasilkan energi yang selamat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan,” tambahnya.

PEP Tanjung Field mendapatkan penghargaan dengan inovasi berjudul “Meningkatkan Efisiensi Energi dan Zero Discharge Pada Pengolahan Fluida di Luar Proses Fasilitas Ekisting Produksi dengan Inovasi ”Tapir” Nomor Paten IDS000004718”.

PEP Sangasanga Field mendapatkan penghargaan dengan inovasi berjudul “Pengurangan Energi, Penurunan Emisi dan Peningkatan Umur Produksi Sumur Minyak dengan Robot Inspeksi Ketebalan Pipa (No. Paten IDS000004710) dan Metode Prediksi Kerusakan Pipa Produksi (No. Paten IDS000004732) di Field Sangasanga”.

Sementara PEP Sangatta Field mendapat penghargaan atas inovasi dengan judul “Peningkatan Kinerja Energi Pada Indirect Heater Melalui Metode Penggantian Dihydrogen Monoksida Menjadi Mono Ethylene Glycol di PT Pertamina EP Sangatta Field – Lapangan Semberah”.

Penghargaan Subroto adalah penghargaan terkemuka yang diberikan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada mereka yang telah menunjukkan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia selama satu tahun terakhir.

PT Pertamina EP (PEP) Tanjung, Sangasanga, dan Sangatta Field merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina Regional 3 yang dinakhodai oleh PHI. Dalam menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance), PEP Sangasanga Field bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana guna mendukung pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs). (Rama)

Foto : Dok PEP

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tinjau Keandalan Kilang, PT KPI Unit Dumai Terima Kunjungan Ditjen Migas

RESOURCESASIA.ID, DUMAI – Dalam upaya pembinaan dan pengawasan keselamatan migas, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *