Thursday , 22 February 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Sah, MedcoEnergi Miliki 20 Persen Blok 60 dan Blok 48 di Oman

Sah, MedcoEnergi Miliki 20 Persen Blok 60 dan Blok 48 di Oman

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) telah menyelesaikan akuisisi 20 persen kepemilikan atas dua Exploration and Production Sharing Agreements (EPSA) di Kesultanan Oman. MedcoEnergi mengakuisisi sebagai saham kedua blok migas tersebut dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP).

“Akuisisi ini memperkuat reputasi MedcoEnergi dalam inisiatif keberlanjutan dan pengembangan gas, serta menghadirkan sentra baru untuk terus mengembangkan produksi berbiaya-rendah,” ujar Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, dalam keterangan pers yang diterima redaksi Resourcesasia, Jakarta, Selasa (12/12).

BACA JUGA:

Medco Power mulai Konstruksi Proyek 39 MW ADD-On Proyek Konservasi Energi DI Tanjung Uncang, Batam

Hilmi menjelaskan, Blok 60 merupakan wilayah kerja yang sudah berproduksi, sementara Blok 48 masih dalam tahap eksplorasi. Keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat Oman dekat perbatasan Arab Saudi.

Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km2 dan memproduksi ~63 ribu boepd dari lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul. Kontrak EPSA blok ini akan berakhir pada tahun 2048. Sedangkan Blok 48 yang lokasinya berdekatan, mencakup area seluas 2.995 km2 dan memiliki potensi minyak dan gas yang signifikan.

OQEP adalah produsen terbesar ketiga di Oman dan merupakan anak usaha dari OQ Group SAOC, grup energi terintegrasi global milik Kesultanan Oman. Saat ini, OQEP mengoperasikan tiga blok di Oman dan berpartisipasi dalam sejumlah joint ventures aset produksi dan eksplorasi di Oman dan Kazakhstan.

BACA JUGA:

Laba Bersih MedcoEnergi Tembus 242 Juta Dolar AS Hingga Kuartal III/2023

“OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut dan akan memfasilitasi pertukaran keahlian dalam eksplorasi gas, pengembangan lapangan, penerapan teknologi serta proses keberlanjutan melalui penempatan pekerja MedcoEnergi di operasi bersama dan penugasan korporasi bilateral,” tutup Hilmi. (Rama Julian)

Foto : Dok Medco/ilustrasi

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Ruby Mulyawan, Ahli Perminyakan yang Pulang Kampung ke Blok Rokan Jadi Dirut PHR

RESOURCESASIA.ID, PEKANBARU – Sejalan dengan upaya berkelanjutan untuk mempertahankan kinerja hulu minyak dan gas (migas) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *