Tuesday , 21 May 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 Geliatkan Sektor Pariwisata Lombok

Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 Geliatkan Sektor Pariwisata Lombok

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Ajang perhelatan balap dunia Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 yang digelar di Mandalika, Lombok tingkatkan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

Hal ini disampaikan oleh sejumlah pegiat usaha pada sektor pariwisata di sekitar Lombok. Salah satunya Ahmad Yani, Sopir Cidomo di Gili Trawangan. Ahmad bercerita, saat pandemi, sektor pariwisata di Gili Trawangan dan sekitar Lombok tutup total. Namun, saat adanya event balap dunia tahun lalu di Pertamina Mandalika International Circuit, perekonomian dan sektor pariwisata meningkat drastis.

“Saat Covid, Gili Trawangan tutup total yang ada hanya aktivitas warga saja. Saat ada Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022, alhamdulillah meningkat. Sampai-sampai tidak bisa menampung turis lagi karena saking membludaknya turis datang ke Gili. Pendapatan kami juga meningkat. Sekarang, sejak dua hari sebelum acara, turis sudah banyak yang datang,” ujarnya.

BACA JUGA : Persiapan Kelistrikan 100 Persen, PLN All Out Layani Gelaran MotoGP 2023 di Mandalika

Sahrip, penjaga rental sepeda di Gili Trawangan juga mengungkapkan, biasanya turis mancanegara datang beberapa hari sebelum pertandingan, dan setelah pertandingan.

“Biasanya turis datang setelah MotoGP Mandalika. Ada juga yang sudah booking kamar di Gili nanti setelah acara baru menyebrang. Biasanya turis itu kalau datang untuk MotoGP, tidak langsung balik ke negaranya, pasti liburan di sekitar acara,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan oleh turis asal Austria, John. Ditemui di Bandar Udara Internasional Lombok, John antusias untuk menonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 yang berlokasi di Mandalika. Setelah menonton ajang balap tersebut, ia akan berlibur di Lombok selama satu minggu.

“Saya sangat tertarik dengan MotoGP di Indonesia, saya berkeliling untuk menonton ajang ini. Setelah race selesai saya akan keliling Lombok untuk berenang, snorkling, mendaki dan menikmati sekitar untuk liburan,” tutupnya.

BACA JUGA : Indonesia MotoGP Mandalika 2023 Sukses Digelar dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso berharap ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 mampu memberikan efek berganda (multiplier effect) bagi pertumbuhan perekonomian, termasuk bagi pelaku industri pariwisata dan UMKM lokal.

“Semoga keberadaannya menjadi peluang bagi pelaku usaha dan UMKM untuk melakukan penetrasi ke pasar global yang lebih luas,” pungkasnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tingkatkan Semangat Nasionalisme: Elnusa Peringati Hari Kebangkitan Nasional Indonesia ke-116

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *