Friday , 14 June 2024
Home / CSR / Pertamina Buka SMEXPO 2023 Wujudkan Visi Berkelanjutan
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati memberikan sambutan dalam acara Pertamina SMEXPO 2023 “Melangkah dari lokal ke Global” yang diselenggarakan di Ballroom Grha Pertamina, Jakarta, Selasa, (31/10/2023)

Pertamina Buka SMEXPO 2023 Wujudkan Visi Berkelanjutan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) membuka kegiatan SMEXPO 2023, Selasa, 31 Oktober 2023 di Jakarta. Pertamina SMEXPO menandai bangkitnya produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah terkurasi menjadi karya berkualitas, hasil program pembinaan Pertamina yang berkelanjutan.

Pertamina Small Medium Enterprise Expo atau Pertamina SMEXPO merupakan program rutin tahunan. Ajang ini adalah upaya strategis Pertamina yang dipersembahkan sebagai wujud kontribusi konsisten Pertamina terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM Indonesia yang berperan sebagai penggerak ekonomi Nasional.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, berawal dari inovasi di masa pandemi, pagelaran yang memasuki tahun keempat ini bertujuan memajukan UMKM Indonesia agar bisa bersaing dan berkembang dalam pasar domestik maupun internasional.

BACA JUGA : Lengkapi Kain Nusantara, Batik Sasambo NTB Hadir di Pertamina SMEXPO 2023

“Hasilnya, alhamdulillah melalui program SMEXPO, kita bisa membuka kembali dan menggerakkan pasar UMKM tidak hanya di Indonesia namun ke pasar internasional,” jelas Nicke pada acara Peresmian Pertamina SMEXPO 2023 di Grha Pertamina, Jakarta, Selasa (31/10).

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kemenkop dan UKM RI, Rully Nuryanto memberikan sambutan dalam acara Pertamina SMEXPO 2023 “Melangkah dari lokal ke Global” yang diselenggarakan di Ballroom Grha Pertamina, Jakarta, Selasa, (31/10/2023)

Tema Pertamina SMEXPO tahun ini adalah “Melangkah dari Lokal ke Global”, merefleksikan upaya Pertamina untuk mempromosikan pemberdayaan UMKM yang inklusif, memberikan tempat dan kesempatan yang sama kepada seluruh kelompok masyarakat, baik perempuan dan juga sahabat disabilitas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadi memberikan sambutan dalam acara Pertamina SMEXPO 2023 “Melangkah dari lokal ke Global” yang diselenggarakan di Ballroom Grha Pertamina, Jakarta, Selasa, (31/10/2023)

“Pengembangan UMKM menjadi salah satu prioritas Pertamina, karena UMKM adalah faktor yang membedakan Pertamina dengan perusahaan dan negara lain. UMKM ini yang harus kita support bersama, terlebih berdasarkan data nasional sebanyak 97% penyerapan tenaga kerja berasal dari UMKM,” jelas Nicke.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadi, bersama Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kemenkop dan UKM Rully Nuryanto, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kemen BUMN Tedi Bharata, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Staff Khusus Jokowi Angkie Yudhistira, dan Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya Satya Poerwadi meresmikan Pembukaan Pertamina SMEXPO 2023 secara simbolis. Dalam acara Pertamina SMEXPO 2023 “Melangkah dari lokal ke Global” yang diselenggarakan di Ballroom Grha Pertamina, Jakarta, Selasa, (31/10/2023)

Sejalan dengan nilai inklusivitas yang saat ini dijunjung oleh Pertamina, fokus tahun lalu pada UMKM pemberdayaan perempuan mampu merangkul 14.000 UMKM perempuan untuk pengembangan kemandirian ekonomi.

BACA JUGA : Balikpapan, Awali Rangkaian Pertamina SMEXPO 2023 di 4 Kota

Tahun ini, Pertamina menambah fokus inklusivitasnya pada program “Sobat Istimewa”, yakni program khusus untuk komunitas difabel dan berkebutuhan khusus. Pada tahun 2022, Pertamina telah membina setidaknya 500 Sobat Istimewa yang mendapatkan pendampingan dan pelatihan di bidang industri fashion, makanan dan kerajinan. 100 orang di antaranya telah bekerja, baik membuka usaha mandiri maupun terserap di industri.

Pertamina SMEXPO 2023 hadir pada 31 Oktober – 5 November di Gandaria City, Jakarta. Selain di Jakarta, Pertamina SMEXPO 2023 juga ada di tiga kota besar lainnya, yakni Balikpapan (26-28 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023), dan Pekanbaru (15-19 November 2023).

Pertamina SMEXPO 2023 juga menjadi sarana temu bisnis pengusaha dan potensial buyer, serta berbagai workshop, hiburan dan kegiatan menarik lainnya.

Selain pameran secara offline, Pertamina SMEXPO dapat diakses secara online melalui platform virtual di smexpo.pertamina.com. Platform ini menjadi market place bagi sekitar 1.000 UMKM binaan Pertamina Group yang terkurasi melalui ribuan produk unggulan.

Produk UMKM berkualitas binaan Pertamina hadir pada Pertamina SMEXPO 2023. Sejalan dengan nilai inklusivitas yang saat ini dijunjung oleh Pertamina, tahun ini Pertamina fokus pada program Sobat Istimewa untuk komunitas difabel dan berkebutuhan khusus.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Indonesia Andalkan LNG di Era Energi Transisi, Infrastruktur Harus Disiapkan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Transisi energi di Indonesia dengan memanfaatkan gas bumi semakin nyata terwujud. Ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *