Thursday , 30 May 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, Grup PHI Berkolaborasi Dengan Kebun Raya Balikpapan

Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, Grup PHI Berkolaborasi Dengan Kebun Raya Balikpapan

RESOURCESASIA.ID, BALIKPAPAN – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), Afiliasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE), melalui anak perusahaan dan afiliasi di Zona 9, yaitu PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), Pertamina EP (PEP) Tanjung Field, Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field, dan Pertamina EP (PEP) Sangatta Field memperingati hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Kebun Raya Balikpapan (KRB) dengan melakukan kegiatan penanaman pohon, pelepasan burung, pelepasan bibit ikan, dan kunjungan ke tempat pembangunan Taman Tematik Orchidarium, Sabtu (12/08).

General Manager Zona 9 Andre Wijanarko menjelaskan bahwa kegiatan ini mengusung tema Nasional “Hapungkal Himba Kalingu” yang berarti “Jiwa yang Damai dalam Harmoni Rimba Belantara” dari Bahasa Dayak.

Dalam kesempatan ini Andre mengajak peserta yang tampak antusias untuk turut mengkampanyekan pentingnya konservasi alam dan mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan ekosistem alam, serta menjadikan cara hidup cinta alam dan lingkungan menjadi gaya hidup masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam peringatan HKAN merupakan salah satu wujud komitmen Perusahaan untuk menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) dan SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu tujuan 13 penanganan perubahan iklim, dan tujuan 15 ekosistem daratan,” ungkap Andre.

Andre menambahkan bahwa kegiatan ini menguatkan langkah Perusahaan untuk senantiasa menjalankan operasi dan bisnis perusahaan yang selamat, handal, ramah lingkungan, dan patuh terhadap seluruh peraturan yang berlaku sehingga mampu mendukung kebijakan zero emission and ketahanan energi nasional,” ujar Andre.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Health, Safety, Security and Environment (HSSE) Zona 9 Budiman Sarwidi menyambut para peserta kegiatan dengan memperkenalkan Taman Tematik Orchidarium. “Program pembangunan taman ini sudah berjalan selama 2 tahun dan akan secara resmi diresmikan di 2025. Semoga kerja sama kita dengan KRB tidak berhenti disini saja,” ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) KRB, Lukman Riyadi menyampaikan apresiasinya kepada Manajemen Zona 9 atas inisiatif kegiatan ini. “Kami sangat mengapresiasi upaya dari Pertamina dalam mengkampanyekan pentingnya konservasi, serta mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan ekosistem alam, terutama kegiatan edukasi baru tentang tanaman-tanaman yang ada di Kebun Raya Balikpapan,” tutur Lukman.

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di Regional 3 Kalimantan. Untuk mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI melakukan beragam inovasi dan penerapan teknologi dalam mewujudkan #EnergiKalimantanUntukIndonesia. Melalui anak perusahaan dan afiliasinya, PHI menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana guna mendukung pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs). (Rama)

Foto: Dok PHI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Harumkan Nama Bangsa dan Negara, Inovasi PHE Raih Penghargaan Internasional

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA  – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina terus menorehkan prestasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *