Sunday , 16 June 2024
Home / RESOURCES ASIA / Pentingnya Fungsi Pengawasan IA MIND ID dalam Mengawal CSR Perusahaan

Pentingnya Fungsi Pengawasan IA MIND ID dalam Mengawal CSR Perusahaan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan transparansi program Corporate Social Responsibility (CSR), BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, melalui fungsi Internal Audit, terus mengintensifkan peran pengawasan terhadap pelaksanaan program CSR perusahaan, khususnya terkait pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Dalam rangka memperkuat komitmen pengawasan internal perusahaan, MIND ID berpartisipasi dalam acara EXPO & Talkshow Pengawasan Intern 2024 di TMMI Jakarta, Selasa (28/5/2024)

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk mewujudkan sistem pengawasan internal yang optimal dalam rangka mendorong tercapainya peningkatan nilai tambah yang baik, khususnya dalam kegiatan peningkatan kapabilitas UMK.

“Kami bersyukur dapat ikut partisipasi dalam kegiatan ini. Melalui program ini, kami ingin menunjukkan komitmen Grup MIND ID untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan melalui pengawasan yang ketat dan berkesinambungan dalam menjalankan fungsi perusahaan, salah satunya lewat program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan),” katanya.

BACA JUGA:

Perkuat Hilirisasi, MIND ID Dorong Kemajuan Smelter di Gresik

Heri menjelaskan, fungsi internal audit di MIND ID telah menerapkan Risk Based Audit terhadap pelaksanaan program CSR di anak perusahaan. Pendekatan ini bertujuan untuk memprioritaskan ruang lingkup audit berdasarkan risiko yang mungkin timbul dalam pelaksanaan program.

Selain itu, Internal Audit juga proaktif memberikan rekomendasi perbaikan terkait tata kelola, manajemen risiko dan kepatuhan dalam pengelolaan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Pada 2023, Divisi CSR menjadi salah satu fokus utama dalam aktivitas Audit Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 di MIND ID. Fungsi audit internal ini memastikan program CSR dilaksanakan dengan integritas tinggi dan bebas dari praktik penyuapan.

Pendampingan dan monitoring review Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) juga dilakukan untuk mendorong penggunaan produk UMKM dalam pelaksanaan program CSR.

Dalam upaya meningkatkan implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), Internal Audit MIND ID mengadakan sesi berbagi pengalaman dalam Rapat Koordinasi Komite Audit-Internal Audit Grup MIND ID. Selain itu, telah dilakukan juga benchmarking bersama Internal Audit Grup MIND ID terkait implementasi program Desa Binaan Inalum di Desa Meat, Kabupaten Toba.

BACA JUGA:

MIND ID Gelar Roadshow BIGMIND 2024 di 4 Kota

Heri menuturkan, fungsi internal audit juga memberi kontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan bidang prioritas pengembangan UMK seperti meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan produsen UMK, meningkatkan jumlah pemuda dan orang dewasa yang memiliki keterampilan dan meningkatnya tingkat produktivitas ekonomi masyarakat.

Di samping itu, ada pula kontribusi seperti pengurangan keterkaitan pertumbuhan ekonomi dari degradasi lingkungan, peningkatan lapangan pekerjaan tetap dan produktif , serta pengurangan proporsi usia muda yang tidak bekerja.

“MIND ID dapat terus berkontribusi positif bagi pengembangan UMK dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Internal Audit akan terus memainkan peran penting dalam memastikan setiap program CSR dilaksanakan secara transparan, akuntabel, dan berkelanjutan,” kata Heri. (Rama Julian)

Foto: Dok MIND ID

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Booth PLN di Jakarta Fair 2024 Jadi Primadona Pengunjung

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Booth PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya di Jakarta Fair 2024 menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *