Thursday , 25 July 2024
Home / CSR / Panen Perdana, Kelompok Tani Hortikultura Poco Leok NTT Binaan PLN Raup Keuntungan Besar
Lokasi tanaman hortikultura Kelompok Barena Ndajang salah satu penerima bantuan Program TJSL PLN, Desa Berdaya untuk Kawasan Geothermal Ulumbu, NTT.

Panen Perdana, Kelompok Tani Hortikultura Poco Leok NTT Binaan PLN Raup Keuntungan Besar

RESOURCESASIA.ID, MANGGARAI – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) merintis program hortikultura melalui Desa Berdaya untuk para petani di wilayah Poco Leok, Satar Mese, Kabupaten Manggarai, NTT. Program ini mampu menyulap lahan tidur seluas 3,6 hektare menjadi sektor pertanian produktif serta sumber pendapatan utama bagi para anggota kelompok tani.

Enam dari sepuluh kelompok tani binaan PLN yang tergabung kini sudah menuai hasil lewat panen perdananya dan meraup keuntungan. Ketua Kelompok Tani Ca Nai Cako, Hendrik Epol mengatakan, selama 3 bulan terakhir, para kelompok tani sudah menggelar 6 kali panen dengan keuntungan jutaan rupiah.

Dari hasil panen itu, Hendrik bersama anggota kelompoknya juga telah membuka lahan baru untuk pengembangan hortikultura.

“Luar biasa dan saya menyampaikan terima kasih banyak atas bantuan dan dukungan PLN bagi kami,” ucap Hendrik Epol.

Pendamping kelompok tani hortikultura lainnya, Nova mengatakan, PLN juga turut serta memasarkan hasil panen sayuran hortikultura para kelompok tani ke sejumlah pasar di wilayah Kabupaten Manggarai. Hasil tersebut diperoleh dari 4 jenis varietas sayur yang sudah mulai dipanen, di antaranya 4.000 pohon sawi, 1.500 pohon pakcoy, 450 pohon bunga kol, dan 1.200 pohon fanbox.

BACA JUGA : 

Komitmen Pengurangan Emisi, PLN IP Bangun Ekowisata Mangrove Batu Lumbang Berbasis Digital Pertama di Kota Denpasar

Untuk jenis tanaman lain seperti cabe, tomat, terong, timun, seledri, labu suprema, buncis, wortel serta lainnya diperkirakan akan dipanen tiga minggu mendatang.

Anggota Kelompok Tani Nera yang merupakan Binaan PLN melalui Program “Desa Berdaya untuk kawasan Geothermal Ulumbu” sedang memanen tanaman hortikultura jenis Fanbox untuk dipasarkan di Pasar Inpres Ruteng.

“Banyak sekali kemudahan selama ini, awalnya para petani cemas akan dijual ke mana semua sayur-sayur ini, puji Tuhan para pembeli memuji kualitas sayur binaan PLN,” ucap Nova

General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra Abdul Nahwan mengatakan, program hortikultura melalui Desa Berdaya di NTT ini menjadi kontribusi nyata PLN dalam meningkatkan indeks sumber daya manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat. Darmawan berharap melalui program ini dapat memperkuat basis ketahanan pangan untuk mendukung wilayah Poco Leok sebagai kawasan penyangga untuk Manggarai Raya.

Mama Yustina (kanan), penggerak kelompok Tani Banera Ndajang saat memanen tanaman hortikultura di dusun Ndajang, NTT.

“PLN tak hanya bertugas memberikan pasokan listrik yang andal saja, lebih dari itu, kami juga berperan sebagai katalisator perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, melalui program ini, PLN berkomitmen memberikan pendampingan pertanian hortikultura kepada para kelompok tani mulai dari pembersihan lahan, pembuatan bedeng, semai benih, hingga pemasaran hasil panen.

BACA JUGA : 

Ikuti Indonesia Premium Coffee Expo, UMKM Binaan PLN Laris Manis Diminati Pembeli

Menurutnya, program hortikultura ini berhasil menyulap lahan tidur seluas 3,6 hektare menjadi sektor pertanian produktif yang ditumbuhi beraneka tanaman hortikultura. Hal tersebut tak lepas dari kerja keras yang dilakoni oleh 167 orang warga binaan PLN UIP Nusra yang tergabung dalam sepuluh kelompok tani.

Para anggota Kelompok Tani Desa Berdaya Banera Ndajang sedang melakukan perawatan aneka tanaman Hortikultura.

Bersama sepuluh kelompok tani ini, PLN secara konsisten mengubah lahan semak belukar menjadi lahan hijau dan asri yang saat ini dikenal sebagai kawasan pertanian terpadu.

BACA JUGA : 

29 UMKM Binaan PLN Eksis di INACRAFT, Istri Menkop dan UKM Apresiasi Produk Unik dan Berkelas

“Program Desa Berdaya ini menjadi bentuk kontribusi PLN dalam meningkatkan indeks SDM dan perekonomian masyarakat di wilayah sekitar pengembangan PLTP Ulumbu unit 5-6 di Poco Leok,” tutup Abdul. (Rama Julian)

Foto : Dok PLN

 

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Pertamina Dukung Perkembangan Anak Bangsa Berkualitas di Kota Palembang

RESOURCESASIA.ID, PALEMBANG – Mengenal tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional yang biasanya menjadi waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *