Friday , 21 June 2024
Home / KELISTRIKAN / Jadi Energi Alternatif Transisi Energi, PLN EPI Perkuat Infrastruktur LNG Demi Terjaminnya Pasokan ke Pembangkit

Jadi Energi Alternatif Transisi Energi, PLN EPI Perkuat Infrastruktur LNG Demi Terjaminnya Pasokan ke Pembangkit

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Kebutuhan akan gas di sektor kelistrikan menjadi sangat krusial di masa peralihan transisi dari energi fosil ke energi bersih. Proyeksi peningkatan kebutuhan gas khususnya untuk sektor kelistrikan mendorong PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) untuk bisa memperkuat rantai pasok gas.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara menjelaskan untuk mensukseskan transisi energi diperlukan jembatan transisi. Peran gas, khususnya LNG menjadi yang paling krusial. Memiliki sifat pembakaran yang lebih bersih dan lebih safety mendorong LNG memegang peranan penting dalam transisi energi.

“Kami sebagai perusahaan yang menjamin pasokan energi untuk pembangkit melihat peran penting rantai pasok LNG yang baik untuk menjaga ketahanan energi sekaligus mendorong percepatan transisi energi,” kata Iwan dalam acara 10th IndoGas & Power 2023 di The Westin Hotel yang diinisiasi Indonesian Gas Society (IGS) pada Rabu (14/6).

Iwan menjelaskan penguatan rantai pasok gas ini diperlukan infrastruktur yang terintegrasi dari mid-stream hingga down-stream. PLN EPI dalam menjalankan tugasnya membuka peluang optimalisasi infrastruktur yang ada ini hingga membuka kolaborasi dalam pengembangannya.

“Kami secara aktif melakukan eksplorasi inovasi dan juga melakukan investasi yang sehat sehingga bisa mensukseskan transisi energi ini dengan mulus,” ujar Iwan.

Iwan menjelaskan selain memastikan infrastruktur yang memadai, PLN EPI juga memastikan sumber gas yang stabil. Untuk itu, perusahaan mengakses cadangan gas dari berbagai sumber di dalam negeri.

“Fleksibilitas ini memungkinkan kami untuk mempertahankan pasokan gas alam yang stabil ke pembangkit listrik, memastikan stabilitas jaringan dan meminimalkan gangguan yang disebabkan oleh terbatasnya jangkauan jaringan pipa,” tambah Iwan. (RAMA)

FOTO: DOK PLN EPI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Hindari Gangguan Listrik Akibat Hilangnya Perlengkapan di Instalasi, PLN Ajak Warga Turut Jaga Infrastruktur Kelistrikan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT PLN (Persero) mengajak masyarakat untuk menjaga infrastruktur kelistrikan demi terjaganya pasokan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *