Thursday , 30 May 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Dukung NZE, Elnusa Petrofin Tanam 1.000 Bibit Trembesi

Dukung NZE, Elnusa Petrofin Tanam 1.000 Bibit Trembesi

RESOURCESASIA.ID, ACEH BESAR – PT Elnusa Petrofin (EPN) Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) tunjukkan dukungan nyata dalam program Pemerintah Net Zero Emission (NZE) melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Petrofin Peduli dengan Aksi Penanaman 1.000 Bibit Pohon Trembesi di seluruh unit operasional EPN di penjuru Indonesia.

Targetnya, kegiatan ini mampu menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 0,0011% dengan menyerap 28.500 Ton CO2eq.

Kegiatan ini ditandai dengan penanaman 200 pohon trembesi secara simbolis oleh Direktur Keuangan & Administrasi EPN, Hanny Retno Hapsari di Lapangan Benteng Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam, pada hari Kamis pagi (15/06/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, A. Hanan, SP, MM, Kepala Balai Cagar Budaya Banda Aceh, Sekretaris Camat Mesjid Raya, Hilmi Shi, Danramil Mesjid Raya, Kapolsek Mesjid Raya, Pak Keucik (Kepala Desa) dan jajaran Manajemen PT Elnusa Petrofin.

Program Penanaman Trembesi ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara HUT EPN ke-27, yang dikemas dalam bentuk CSR melalui Pilar Petrofin Peduli yakni Petrofin Resik.

Dalam pelaksanaannya penanaman Trembesi ini juga berkoordinasi dengan kedinasan terkait di daerah masing-masing serta sejalan dengan Program Langit Biru dari PT Pertamina (Persero) yang bertujuan untuk mencapai Net Zero Emissions sebelum tahun 2060.

Aksi penanaman pohon ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap penerapan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) di perusahaan serta berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin 13 yakni Penanganan Perubahan Iklim.

Dalam sambutannya, Hanny Retno Hapsari menyampaikan, bahwa proses penanaman 200 bibit trembesi pagi ini dilakukan di sepanjang jalan yang menjadi wilayah lintasan Mobil Tangki PT Elnusa Petrofin khususnya di wilayah Banda Aceh. “Penanaman trembesi serta tanaman pengurang emisi karbon lainnya nantinya juga akan dilakukan secara bertahap di 82 wilayah operasional Elnusa Petrofin lainnya di seluruh indonesia selama bulan Juni-Juli 2023” tutup Hanny.

Perwakilan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Eka Nugraha mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin atas program ini dan menanggap program ini sangat penting. “Pohon memiliki manfaat luar biasa selain mengurangi emisi, memproduksi oksigen dan lain sebagainya sehingga kita juga harus dapat merawat dan menjaga pohon yang kita tanam agar manfaat yang diterima dengan penanaman pohon ini dapat berdampak maksimal” ujar Eka Nugraha.

Tentang PT Elnusa Petrofin (EPN)

Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk, dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi, Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, layanan BBM Terintegrasi (Pengelolaan BBM, Pengelolaan Fuel/Integrated Terminal, & LPG), Trading BBM, lubricant dan Chemical.

Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara. (RAMA)

FOTO: DOK ELNUSA PETROFIN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Harumkan Nama Bangsa dan Negara, Inovasi PHE Raih Penghargaan Internasional

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA  – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina terus menorehkan prestasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *