Wednesday , 19 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Indonesia Terancam Krisis Energi

Indonesia Terancam Krisis Energi

Resourcesasia.id, Ciputat – Pembicaraan mengenai krisis energi semakin ramai dibicarakan. Betapa tidak, Indonesia yang menggantungkan 47 persen konsumsi energinya kepada minyak bumi, cadangan yang dimiliki hanya cukup untuk bertahan selama 12 tahun ke depan.

Berdasarkan data BP Statistical Review 2016, cadangan terbukti minyak Indonesia per akhir 2015 hanya 3,6 miliar barrel. Adapun cadangan terbukti gas, merujuk data yang sama, diperkirakan sekitar 100,3 triliun kaki kubik (TCF).

Sedangkan, konsumsi harian minyak di dalam negeri saja saati ini per harinya sudah mencapai 1,6 juta barrel. Dari angka itu, hanya sekitar 800.000 barrel yang dipasok dari produksi di dalam negeri dan selebihnya masih harus dipasok dari impor.

“Bila tak ada temuan cadangan minyak baru, dengan angka produksi sekarang, dalam 12 tahun ke depan kita sudah akan kehabisan minyak bumi,” kata Spesialis Pratama Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Bambang Dwi Djanuarto, saat seminar nasional bertemakan “ Energi Berkeadilan” di Kampus UIN Syarif Hidaytullah Jakarta, Kamis (18/5).

Bambang Dwi menambahkan, Berdasarkan proyeksi pertumbuhan ekonomi 6 persen pertahun, diperkirakan tahun 2019 Pertumbuhan Energi (Energy Growth) mencapai 1,316 Energy (Million BOE) atau mengalami pertumbuhan 7-8 persen dan komponen SDA Hulu Migas memberikan kontribusi 45-50 persen bagi kebutuhan Energi Primer Nasional.

“Bahwa saat ini Indonesia sudah krisis Migas. Adanya Gap produksi-konsumsi yang semakin melebar setelah Indonesia menjadi net importer minyak di tahun 2004. Dan juga pemboran sumur eksplorasi yang semakin menurun,” tegas Bambang Dwi.

Tentunya ini menjadi tantangan kita bersama bagaimana meningkatkan produksi, baik minyak maupun gas. perlu meningkatkan kegiatan eksplorasi untuk penemuan cadangan minyak dan gas baru dan perlunya mempercepat waktu dari penemuan sumber migas ke produksi, tutup Bambang Dwi.(Dian)

Foto: Dok Resources

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

TIBA DI LAUT JAWA, JACKUP RIG ‘EMERALD DRILLER’ PERTAMINA DRILLING SIAP BEROPERASI

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Jackup rig ‘Emerald Driller’ yang akan digunakan dalam proyek pengeboran offshore antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *