Thursday , 25 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Hijaukan Pulau Kelapa dan Dukung Pemberdayaan Masyarakat Pesisir,Nusantara Regas Tanam Ratusan Bibit Kelapa Genjah

Hijaukan Pulau Kelapa dan Dukung Pemberdayaan Masyarakat Pesisir,Nusantara Regas Tanam Ratusan Bibit Kelapa Genjah

Jakarta – Rayakan Hari Menanam Pohon Indonesia, PT Nusantara Regas (NR) melaksanakan penamanan massal ratusan pohon kelapa genjah di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu pada Selasa (28/11). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian CSR di bidang lingkungan NR untuk mendukung penghijauan di Pulau Kelapa yang selanjutnya diharapkan manfaatnya akan meluas pada ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Sekitar 200 bibit pohon kelapa genjah didatangkan langsung dari Kebumen, Jawa Tengah oleh Yayasan Dompet Dhuafa sebagai patner pelaksana CSR NR kali ini. Kebumen selama ini memang dikenal sebagai salah satu penghasil bibit kelapa terbesar di Pulau Jawa. Bibit kelapa ini kemudian akan ditanam di tanah fasilitas umum di Pulau Kelapa Satu dan sisanya di rumah warga di Pulau Kelapa Dua.

BACA JUGA : Esensial Dukung Penyediaan Gas Bumi Terintegrasi, PGN Komitmen Jalankan Bisnis Berkelanjutan

”Banyak yang komentar kepada kami. Nama Pulau kami ini Pulau Kelapa tapi kok pohon kelapanya jarang. Malah banyak antena yang bertebaran di mana-mana. Nah, ketika NR mau melakukan CSR penanaman pohon kelapa ini kami sangat senang dan berharap ini berjalan lancar ke depannya,” kata Lurah Pulau Kelapa, Muslim.

Dipilihnya waktu penanaman kelapa saat musim hujan adalah untuk mendukung pertumbuhan bibit menjadi lebih optimal. Selanjutnya untuk mendukung kebutuhan air saat musim kemarau, NR telah menyiapkan pendukung seperti instalasi pipa air, selang, tangki toren maupun kebutuhan pupuk rutin.

BACA JUGA : Public Expose 2023, PGN Paparkan Kinerja dan Upaya Strategis Pengelolaan Gas Bumi Nasional

”Saat ini target awalnya adalah pohon ini bisa adaptasi dan tumbuh baik di sini. Ada pendamping yang juga pemuda pulau setempat untuk menggerakkan partisipasi warga dan memonitor pertumbuhan pohon. Jika tumbuh baik, maka bertahap ke depan pohon ini bisa jadi icon Pulau Kelapa, bisa diolah untuk jadi nata de coco atau industri gula kelapa,” kata Sekretaris Perusahaan Nusantara Regas, Ratna Dumila.

Nusantara Regas sebagai bagian dari Perusahaan afiliasi Pertamina yang menjalankan operasi fasilitas Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) di Perairan Teluk Jakarta telah lama memiliki komitmen mendukung kelestarian lingkungan dan maju bersama dengan masyarakat pesisir di Kepulauan Seribu. Hal ini selaras dengan konsep ESG yang mendukung keberlanjutan Perusahaan guna menciptakan value jangka panjang. (Rama)

Foto : Dok Nusantara Regas

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Kolaborasi Pertamina – Toyota, Uji Coba Bioethanol 100% di GIIAS 2024

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina terus mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *