Saturday , 22 June 2024
Home / CSR / Dukung Kelestarian Laut, PIS Transplantasi Terumbu Karang di Pesisir Pantai Sulaa

Dukung Kelestarian Laut, PIS Transplantasi Terumbu Karang di Pesisir Pantai Sulaa

RESOURCESASIA.ID, BAUBAU – PT Pertamina International Shipping (PIS) melalui anak usahanya PT Pertamina Energy Terminal (PET) di Fuel Terminal Baubau, Sulawesi Tenggara mendukung program transplantasi terumbu karang demi menjaga ekosistem dan kelestarian di kawasan operasi Fuel Terminal Baubal.

Kegiatan transplantasi terumbu karang yang berlangsung pada Agustus lalu, merupakan bagian dari payung besar Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PIS berjudul ‘BerSEAnergi untuk Laut Lestari’ yaitu program keberlanjutan ekosistem laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir

Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus mengatakan program yang dilakukan bekerja sama dengan Econatural Society tersebut telah dilakukan sejak tahun 2020 . “Dengan melakukan transplantasi terumbu karang, kami harap dapat menjaga habitat dan ekosistem laut di sekitar pesisir Pantai Sulaa yang berdekatan dengan Fuel Terminal Baubau,” ujar Aryomekka, Selasa (6/9).

Total jumlah fragment karang yang ditanam dari tahun 2020 hingga 2022 sebanyak 1.474 fragment dengan total media transplantasi seluas 115,2 meter persegi dan untuk tahun 2023 ini dilakukan penambahan sebanyak 1050 fragment dengan media transplantasi seluas 80 meter persegi. Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini Direktur Armada PIS Muhammad Irfan Zainul Fikri, yang juga mengapresiasi kegiatan positif yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan pesisir laut.

Aryomekka menambahkan bahwa pelaksanaan Program TJSL ini sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainabilty Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya poin 13 penananganan perubahan iklim dan poin 14 ekosistem lautan. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Subholding IML dalam program dekabornisasi.

“Harapan kami, melalui kegiatan transplantasi terumbu karang ini dapat meningkatkan manfaat terumbu karang sendiri, antara lain sebagai pelindung pasir dan pantai, ekosistem yang menunjang kehidupan biota laut,” katanya. (Rama)

Foto: Dok PIS

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *