Wednesday , 24 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Laut, PIS Luncurkan Program “BerSEAnergi untuk Laut”

Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Laut, PIS Luncurkan Program “BerSEAnergi untuk Laut”

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Menyadari pentingnya peran laut bagi kesejahteraan masyarakat dan masa depan bumi, PT Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berjudul “BerSEAnergi untuk Laut” Jakarta, Rabu (11/10).

“BerSEAnergi” untuk Laut merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan PIS yang terintegrasi dan bertujuan untuk mendukung kelestarian laut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Program ini mencakup kegiatan mulai dari pendidikan literasi bagi anak usia sekolah yang bertajuk “LiteraSEA”, pemberdayaan dan peningkatan kesehatan masyarakat pesisir, coastal clean up, hingga konservasi biota dan ekosistem laut seperti mangrove, terumbu karang dan hiu paus. Peluncuran “BerSEAnergi” berlangsung di SDS Mutiara 02 Jakarta Utara, pada Rabu (11/10).

Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus, Kepala SDS Mutiara 02 Tumi, penggiat lingkungan hidup dan public figure Dimas Anggara, serta pejabat pemerintahan setempat bersama-sama memberikan dukungan terhadap program tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan literasi laut berupa pembangunan ruang perpustakaan, penyediaan buku-buku dan ekstrakurikuler pengenalan laut.

BACA JUGA : Gandeng Trader Energi Raksasa Dunia, PIS Tambah Dua Armada Kapal VLGC

Aryomekka menggarisbawahi pentingnya literasi laut mengingat, yang pertama, rendahnya indeks literasi masyarakat secara umum. Kedua, pentingnya menumbuhkan kecintaan terhadap laut di mana 70% wilayah Indonesia merupakan lautan.

“Sebagai perusahaan dengan wilayah operasi sebagian besar mencakup laut, PIS berkomitmen untuk menjaga ekosistem laut, salah satunya dengan cara memberikan edukasi kelautan. Kelestarian laut tentunya akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat”, ujar Aryomekka.

BACA JUGA : Dukung Bisnis Maritim Berkelanjutan Global, PIS Hadiri High Level Meeting di Markas PBB

Dimas Anggara menyampaikan dukungannya terhadap program ini serta mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut.

“Saya mengajak para siswa di sekolah ini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut, mengingat kesadaran masyarakat akan laut terutamanya sampah laut di Indonesia masih sangat rendah, oleh karenanya dengan adanya program “BerSEAnergi untuk Laut” harapannya anak-anak usia sekolah dapat mulai peduli terhadap lingkungan laut seperti saya dikenalkan dunia laut oleh orang tua saya sejak kecil”, ujar Dimas.

Dalam kegiatan tersebut, pekerja-pekerja muda PIS juga turut serta menjadi relawan dalam kelas mengajar melalui interaksi dan diskusi interaktif dengan siswa terkait ekosistem.

Tidak hanya di SDS Mutiara 02, PIS juga memberikan bantuan kepada tiga sekolah lainnya sebagai bagian dari program ini, yaitu SDN Petojo Utara 01 Jakarta Pusat, SDN Wilulang Kota Cilegon, dan SDS Miftahul Falah Garut.

BACA JUGA : Dukung Indonesia Jadi Poros Karbon Dunia, Pertamina International Shipping Siapkan Strategi Turunkan Emisi

Bantuan mencakup buku-buku literasi kelautan, kegiatan pendampingan berupa pengajaran ekstrakurikuler mengenai kelautan, dan workshop kelautan, serta dukungan perpustakaan yang komprehensif. (Rama Julian)

Foto : Dok PIS

 

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Siap Dukung Event Internasional, Pasokan dan Distribusi BBM di Bali dipastikan Berjalan Lancar

RESOURCESASIA.ID, BALI – Bali terkenal dengan daerah tujuan wisata dan menjadi tempat perhelatan nasional hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *