Wednesday , 19 June 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / Tambang Emas Martabe Bukukan Produksi 310 Ribu Ounce Emas Dan 2,4 Juta Ounce Perak

Tambang Emas Martabe Bukukan Produksi 310 Ribu Ounce Emas Dan 2,4 Juta Ounce Perak

Jakarta (Resourcesasia.id) – Sepanjang tahun 2016, Tambang Emas Martabe mencatat produksi 310.550 ounce emas dan 2.424.537 ounce perak. Naik 2,6 persen dibandingkan tahun 2015. Di tahun 2015 Tambang Emas Martabe memproduksi 302.449 ounce emas dan 2.534.486 ounce perak.

Di kuartal keempat tahun 2016, produksi emas mencapai 82.831 ounce dan perak mencapai 633.229 ounce. Lebih tinggi dari kuartal ketiga 2016 dengan emas yang mencapai 80.755 ounce dan perak mencapai 648.009 ounce.

Kegiatan penambangan dan pabrik pengolahan bijih selama 2016 berjalan lancar dengan hasil melebihi target. Ini merupakan hasil peningkatan produktivitas dan efisiensi serta sebagai bagian dari perbaikan terus menerus yang dijalankan sesuai Martabe Improvement Program. Kegiatan penambangan saat ini dilakukan di dua lokasi pit setelah pengembangan Pit Barani yang menambah penambangan awal di Pit Purnama.

Modal yang dibelanjakan hingga kuartal keempat 2016 mencapai USD 43,3 juta, sementara pengeluaran biaya eksplorasi mencapai USD 12,3 juta. Sebelumnya panduan 2016 diperkirakan bahwa belanja modal mencapai USD 67 juta dan biaya eksplorasi USD 12 juta.

Acuan produksi untuk tahun 2017 berada pada kisaran 250.000 – 300.000 ounces untuk emas dan 2 – 2,5 juta ounces untuk perak. Angka acuan produksi ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya dengan tantangan tambahan adanya pengelolaan bijih mineral berkadar rendah.

Fokus utama perusahaan saat ini adalah memperkuat kegiatan usaha penambangan dengan cara mengoptimalkan produksi dan biaya produksi. Selain itu, kami terus berupaya memperpanjang usia tambang melalui berbagai keberhasilan kegiatan eksplorasi.

Saat ini sedang dikembangkan lokasi penambangan ketiga di wilayah Ramba Joring. Lokasinya tidak jauh dari dua lokasi tambang yang saat ini sedang digarap, Pit Purnama dan Pit Barani. Di tahun 2017 ini, kami akan mulai merancang desain infrastruktur dan akses jalan sehingga di tahun 2018, kami sudah dapat menambang penuh di lokasi Ramba Joring.

Tambang Emas Martabe memiliki anggaran yang solid untuk kegiatan eksplorasi di tahun 2017 sebesar USD 17 juta. Kami yakin bahwa keberhasilan kegiatan eksplorasi akan membawa dampak positif bagi para pemangku kepentingan. Kami memiliki banyak kegiatan eksplorasi yang harus dilakukan. Keseluruhan belanja modal yang dialokasikan selama 2017 berjumlah USD 62,9 juta.

Presiden Direktur Tambang Emas Martabe, Tim Duffy, menyatakan: “2016 adalah tahun yang baik bagi operasional kami. Kami berhasil melampaui panduan rata-rata produksi kami. Kami berharap berlanjutnya fluktuasi harga emas dalam waktu singkat akan segera berakhir. Strategi terbaik yang dapat kami lakukan untuk menghadapinya adalah dengan mengoptimalkan efisiensi dan biaya operasional Martabe. Jika kami dapat meningkatkan kinerja operasional, maka kami akan mencapai posisi yang lebih baik untuk menangani tantangan-tantangan ekonomi yang akan kami hadapi.”

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam (“CoW”) yang ditandatangani April 1997.  PT Agincourt Resources mengelola Tambang Emas Martabe yang memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak an mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak.

Pada Maret 2016, perusahaan konsorsium pertambangan yang dipimpin oleh EMR Capital, spesialis dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia, resmi menjadi pemegang saham utama Agincourt Resources. Kepemilikan saham Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara (Pemda) tidak mengalami perubahan. Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di lima belas desa di sekitar tambang dan wilayah terdekat lainnya. (Rama)

Foto: Dok Martabe

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Anggota DPR Desak Pemerintah Batalkan Izin Tambang untuk Ormas

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Anggota komisi VII dari Fraksi PKS, Mulyanto, mendesak pemerintah membatalkan rencana bagi-bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *