Friday , 21 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / SKK Migas, PEPC Dan JTB Lakukan Penghijauan Tanam Pohon, Tekan Emisi Karbon

SKK Migas, PEPC Dan JTB Lakukan Penghijauan Tanam Pohon, Tekan Emisi Karbon

RESOURCESASIA.ID, BOJONEGORO – PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaksanakan program bertema “Tanam Pohon Tekan Emisi Karbon”.

PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 bersama SKK Migas mengadakan program bertema Tanam Pohon Tekan Emisi Karbon di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (27/10/2022

Dalam kegiatan ini, SKK Migas, PT PEPC, Forkopimcam, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dan Ademos Indonesia menanam sejumlah bibit pohon.

Acara tersebut digelar di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (28/10/2022), diselenggarakan untuk menekan jejak emisi karbon.

Ketua Ademos selaku fasilitator program, Mohammad Kundori, mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dari perusahaan untuk ikut mengurangi jejak emisi karbon.

Kegiatan diprogramkan di tiga desa di Bojonegoro, yaitu Dolokgede, Pelem, dan Bandungrejo.

“Ini wujud bersama untuk terus mengampanyekan aksi tanam pohon, untuk menekan emisi karbon, sebagaimana pohon adalah sebagai sumber penghidupan berkelanjutan,” ujarnya di pendopo Desa Dolokgede.

Menurut Kundori, di Desa Dolokgede, bibit pohon ditanam di sekitar kawasan Sungai Kaligandong.
“Total pohon yang akan kita tanam ada sekitar 3.500 pohon. Pohonnya bervariasi, ada tanaman konservasi, MPTS, buah-buahan, dan ada tanaman penguat untuk (menghalau) longsor,” ucapnya.

Sementara itu, PEPC yang diwakili Jambaran Tiung Biru (JTB) Site Office & PGA Manager Edy Purnomo menuturkan, aksi tanam pohon ini merupakan komitmen dari PT Pertamina EP Cepu.

“Kami dari Pertamina EP Cepu sudah melakukan komitmen untuk menjalankan program ini. Program ini tidak hanya dijalankan hari ini saja namun berkelanjutan,” ungkapnya.

Sedangkan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang diwakili Pengendali Dampak Lingkungan Hidup Ahli Muda Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro Moh Hanif menilai positif, aksi tanam pohon ini merupakan investasi untuk masa depan agar terhindar dari potensi bencana alam.

Aksi tanam pohon ini merupakan salah satu kegiatan di bidang peduli lingkungan. Bentuk kegiatannya antara lain menanam 1.700 bibit pohon dan 2.000 tanaman penahan erosi.

Adapun tiga bidang lain dalam Program Pengembangan Masyarakat, yakni kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Di bidang ekonomi, terdapat empat BUMDes mitra binaan PEPC. Hingga pertengahan 2022, empat BUMDes tersebut membubidayakan ayam petelur yang jumlah produksi telurnya mencapai 165 ton per tahun dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bojonegoro.

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *