Thursday , 30 May 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / SINERGI DENGAN KEMENLU, PERTAMINA INTERNASIONAL EP TINGKATKAN KESELAMATAN DAN PERLINDUNGAN PEKERJA

SINERGI DENGAN KEMENLU, PERTAMINA INTERNASIONAL EP TINGKATKAN KESELAMATAN DAN PERLINDUNGAN PEKERJA

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) menyelenggarakan Sharing Session Knowledge ‘PUSHKU: Collaborative Monitoring System for Pertamina Overseas Worker’ bersama Kementrian Luar Negeri Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia (Kemlu Dit. PWNI) yang dilaksanakan secara Online pada Selasa (21/02).

309 Peserta hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan secara online. Pembahasan workshop ini berfokus pada sosialisasi penggunaan beragam aplikasi terkait Keselamatan dan Keamanan serta Sistem Pemantauan disaat perjalanan dinas Pertamina atau pribadi di luar negeri, mengingat PIEP adalah satu-satunya anak perusahaan Subholding Upstream yang memiliki wilayah operasi di manca negara.

Peserta yang hadir diberikan pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi atau portal yang dimiliki: A. PIEP memiliki mobile application yakni Travel Tracker yang dapat diperoleh melalui Google Play dan App Store di gawai atau handphone Pekerja Pertamina Internasioal EP (PIEP), B. Kemlu Dit. PWNI, mempunyai dua (2) sistem pemantauan yakni Peduli Lindungi untuk Pekerja atau WNI yang menetap di atas 6 bulan berturut-turut dan Safe Travel untuk perjalanan dinas luar negeri di bawah 6 bulan.

Tony Wibawa, Kasubdit Kawasan Lain di Luar Kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah, Kemlu Dit PWNI, menyampaikan dalam paparannya, “Laman Portal Peduli WNI (aplikasi web) sebagai Portal Pelayanan Publik dan Pelindungan untuk WNI di luar negeri, dikhususkan untuk WNI yang tinggal lebih lama dari 6 bulan di luar negeri. Fitur utamanya adalah fitur Lapor Diri secara online, Pelayanan Publik dan Pelindungan. Data dan informasi WNI akan tersimpan dan dipantau oleh Perwakilan RI (KBRI), sangat bermanfaat terutama untuk isu pelindungan, misalnya evakuasi oleh karena kedaruratan tertentu https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html “

“Selain Portal Peduli WNI, Kemenlu Dit. PWNI juga menyediakan mobile application, yaitu Safe Travel yang dikhususkan perjalanan WNI di luar negeri kurang dari 6 bulan. Safe Travel dapat diperoleh melalui Google Play dan App Store di gawai atau handphone Pekerja Pertamina / WNI,” imbuh Tony Wibawa.

“Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk Stakeholder Engangement dengan Kemenlu Dit. PWNI dan masuk dalam rangkaian kegiatan HSSE PIEP dalam memperingati bulan K3 Nasional untuk dapat memberikan insight,” diungkapkan oleh Achmad Dahlan, Manager HSSE PIEP.

PT Pertamina Internasional EP (PIEP), salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, mengelola wilayah kerja hulu Internasional. PIEP memainkan peranan kunci dalam bekerjasama dengan mitra luar negeri dan beroperasi di 4 (empat) benua dan 12 (dua belas) negara untuk mendukung pencapaian Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia.

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Harumkan Nama Bangsa dan Negara, Inovasi PHE Raih Penghargaan Internasional

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA  – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina terus menorehkan prestasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *