Tuesday , 5 March 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Shell Lubricants Gelar Workshop Technology Week 2017

Shell Lubricants Gelar Workshop Technology Week 2017

Resourcesasia.id, Jakarta – PT Shell Indonesia menyelenggarakan acara Shell Lubricants Technology Week 2017 yang akan berlangsung pada 16 – 18 Mei 2017 di Bali. Acara ini merupakan acara tahunan utama Shell dan akan dihadiri oleh 350 peserta yang terdiri dari para pimpinan perusahaan terkemuka Indonesia dan juga para manajer terutama dari industri pertambangan, semen, baja, kayu & kertas serta pembangkit listrik.

Tahun ini, Shell mengambil tema “Together Anything Is Possible – Lowering Your Total Cost of Ownership”, yang ditujukan untuk membuka wawasan akan pentingnya pemilihan pelumas yang berkualitas dan keuntungan bermitra dengan Shell yang memiliki kemampuan dan kepemimpinan dalam pengetahuan teknis-komersial dilapangan guna memberikan solusi inovatif yang dapat menurunkan Total Cost of Ownership (TCO) atau Total Biaya Kepemilikan perusahaan. Studi global yang dilakukan Shell menunjukan bahwa kerugian akibat shutdown yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemilihan, pemakaian dan pengelolaan pelumas mencapai US$1 juta.

Dian Andyasuri, Director of Lubricants, Shell Indonesia mengatakan bahwa acara ini menjadi wadah interaktif dalam memberikan wawasan akan teknologi rancangan mesin terkini di tengah semakin tingginya tuntutan operasional. Shell juga berbagi pengalaman mengenai bagaimana mengantisipasi hal tersebut dan memberikan solusi produk dan layanan terbaik untuk pelaku industri. “TCO merupakan pendekatan yang selalu kami terapkan dalam berkolaborasi dengan mitra bisnis kami dan hanya 10% perusahaan yang menyadari betapa besar dampak pemilihan pelumas kepada biaya perawatan. Hal ini salah satunya dikarenakan minimnya pengetahuan serta pelatihan terkait manajemen pelumas yang tepat guna. Oleh karenanya, kami menyelenggarakan forum ini dan mengundang para pelaku industri untuk bersama-sama berbagi wawasan dan pengalaman guna meningkatkan hal tersebut.”

Dian menambahkan bahwa Shell tak hanya menawarkan produk pelumas tapi juga sebuah solusi yang menyeluruh bagi para pelaku bisnis di industri. Kolaborasi yang diberikan Shell akan membantu pengurangan biaya dan meningkatkan efisiensi. Sebagai contoh, melalui kolaborasi ini, Shell berharap para mitra bisnisnya dapat memperpanjang masa pakai pelumas, menjadikan suku cadang lebih awet, memberikan sertifikasi pendidikan pelumas dan solusi penyimpanan bulk storage, yang pada akhirnya pelanggan mendapatkan penghematan dan ketenangan.

“Melalui forum ini, kami ingin mengatakan bahwa tak ada yang tak bisa diraih jika kami dan para pelanggan/mitra bisnis kami dapat bekerjasama dengan baik dan erat. Sudah banyak bukti penghematan yang pelanggan kami rasakan sampai saat ini hingga mencapai $3 juta selama 2 tahun terakhir, ” tambah Dian.
Bambang Wahyudi, EVP Technical Shell Indonesia menambahkan bahwa Shell Lubricants juga memiliki pabrik pelumas dengan standar manajemen kualitas yang tinggi dan tim teknis yang handal dan siap turun ke lapangan guna menemukan produk yang tepat, menyarankan proses penyimpan dan aplikasi yang tepat. “Pabrik pelumas kami di Marunda dan tim teknis kami akan siap sedia memberikan produk dan layanan yang cepat, tanggap dan sesuai sasaran. Layanan teknis kami adalah yang terbaik dan ini merupakan salah satu hal yang menjadikan kami pemasok pelumas nomor #1 di dunia.”

Bambang mengatakan bahwa kerjasama Shell dan PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) di Indonesia telah menghasilkan penghematan sebesar Rp 1.5 Milyar per tahun karena masa penggantian pelumas dapat diperpanjang hingga 80% berkat penggunaan Shell dan dilengkapi layanan teknis berupa coaching staff. Selain itu, dalam kerjasama antara antara Shell dan PT Thiess Contractors Indonesia, sebuah kontraktor pertambangan, Shell telah mampu menghasilkan penghematan sebesar USD 320 ribu dengan digunakannya pelumas Shell Gadus S3 V460D 2 di PT Thiess selama kurun waktu 4 tahun.

Beberapa produk pelumas Shell Lubricants untuk kebutuhan industri diantaranya sebagai berikut, Semen, Baja, dan Kayu & Kertas – Pelaku industri Semen, Baja, dan Kayu & Kertas sangat bergantung para peralatan yang bisa mendukung berlangsungnya proses produksi untuk hasil yang maksimal. Tantangan utama adalah menjaga mesin berfungsi secara optimal dan mengurangi waktu pemeliharaan mesin akibat kerusakan mesin. Shell menyediakan beberapa produk pelumas untuk industri ini seperti Shell Tellus, Shell Gadus, dan Shell Omala didampingi dengan layanan teknis menyeluruh untuk menanggapi tantangan tersebut.

Pertambangan, Pelaku industri pertambangan meningkatkan produktivitasnya dengan cara bekerja lebih efisien. Untuk itu mereka akan berupaya untuk meningkatkan ketersediaan mesin, menekan biaya pemeliharaan dan juga biaya operasional. Mereka memerlukan pelumas yang bisa membantu mereka untuk memperpanjang usia mesin sekaligus mampu meningkatkan efisiensi bisnis. Shell memenuhi kebutuhan mereka dengan menyiapkan pelumas mesin diesel Shell Rimula, pelumas gardan dan transmisi Shell Spirax, pelumas hidrolik Shell Tellus, pelumas roda gigi Shell Omala, dan juga serangkaian produk gemuk Shell Gadus yang dapat digunakan di berbagai macam kondisi dan beban kerja yang berbeda.

Pembangkit Listrik, Pelaku industri pembangkit listrik dituntut untuk memberikan keandalan operasional, menghindari terjadinya shutdown dan menurunkan biaya dikarenakan biaya bahan bakar dan investasi mesin yang tinggi. Sudah semestinya, mereka memilih mitra yang dapat memberikan pelumas berkualitas yang memiliki masa pakai yang panjang untuk mengurangi biaya, waktu pemeliharan dan memberikan layanan teknis. Shell dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan menyiapkan serangkaian pelumas untuk berbagai aplikasi dari mulai aplikasi mesin gas, Shell Mysela, pelumas mesin turbin Shell Turbo sampai dengan oli trafo dengan teknologi Gas-to-Liquid. Bukti nyata juga telah di rasakan oleh banyak pelanggan Shell akan layanan teknis terbaik, Shell LubeVideocheck, yang dapat mendiagnosa ruang bakar mesin tanpa perlu membongkar mesin dan menghentikan operasi.

TENTANG SHELL INDONESIA
Sejarah Royal Dutch Shell di Indonesia dimulai sejak lebih dari 100 tahun lalu dengan penemuan minyak pertama di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara.

Shell saat ini memiliki kehadiran bisnis hilir yang terintegrasi kuat di Indonesia. Shell merupakan perusahaan migas internasional pertama di Indonesia yang masuk ke bisnis retail bahan bakar minyak. Saat ini Shell memiliki 79 SPBU di Jabodetabek, Bandung, dan Sumatera Utara. Pada tahun 2006, Shell memulai bisnis Commercial Fuels (bahan bakar komersial), Marines (perkapalan) and Bitumen (aspal) di Indonesia. Selain itu Shell menyediakan produk pelumas dan dukungan teknis kepada para pelanggan di sektor industri, transportasi dan pertambangan. Shell juga diakui sebagai perusahaan internasional terkemuka dengan pangsa pasar pelumas terbesar di Indonesia, melayani pengendara motor dan pelanggan industri. Komitmen Shell untuk berinvestasi di Indonesia dan mendukung perkembangan industri manufaktur di negara ini diwujudkan dengan dibangunnya pabrik pelumas Shell di Marunda, Bekasi dengan kapasitas produksi 136 juta liter (120 ribu ton) pelumas setiap tahunnya, Di sektor hulu, Shell merupakan operator untuk blok Pulau Moa Selatan dan merupakan mitra strategis Inpex, operator Masela PSC yang meliputi lapangan gas Abadi.

TENTANG PELUMAS SHELL
Istilah “Pelumas Shell” secara bersama-sama mengacu pada perusahaan-perusahaan dalam Grup Shell yang bergerak dalam usaha pelumas. Shell menjual berbagai macam pelumas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan beragam penggunaan, yang mencakup otomotif pelanggan, alat angkut berat, pertambangan, pembangkit listrik, dan rekayasa umum. Portofolio merek pelumas Shell meliputi Pennzoil, Quaker State, Shell Helix, Shell Rotella, Shell Tellus, dan Shell Rimula. Kami berperan aktif di seluruh rantai pasokan pelumas. Kami memproduksi oli dasar di delapan pabrik; mencampur oli dasar dengan zat aditif untuk menghasilkan pelumas di lebih dari 40 pabrik; serta mendistribusikan, memasarkan, dan menjual pelumas di lebih dari 100 negara.

Kami juga menyediakan dukungan teknis dan usaha kepada pelanggan kami. Selain rangkaian produk kami, kami juga menawarkan pelayanan yang berhubungan dengan pelumas, seperti: Shell LubeMatch – perangkat rekomendasi produk daring terkemuka, Shell LubeAdvisor – membantu konsumen memilih pelumas yang tepat melalui staf teknis Shell yang terlatih dan perangkat daring, dan Shell LubeAnalyst – sistem peringatan dini yang membantu konsumen mengawasi kondisi peralatan dan pelumas mereka, membantu menghemat biaya pemeliharaan dan menghindarkan pelanggan dari potensi kerugian usaha yang disebabkan kegagalan peralatan.Teknologi kelas dunia Shell berusaha memberikan produk bernilai tinggi kepada pelanggan kami. Inovasi, penggunaan produk, dan kolaborasi teknis merupakan inti dari pelumas Shell. Kami memiliki pusat-pusat penelitian pelumas unggulan di Tiongkok, Jerman, Jepang (dalam bentuk usaha patungan dengan Showa Shell), dan AS.

Kami melakukan investasi besar dalam teknologi dan bekerja sama secara erat dengan pelanggan kami untuk menciptakan pelumas inovatif. Kami memiliki portofolio paten yang terdiri dari 150+ seri paten untuk pelumas, oli dasar, dan minyak; lebih dari 200 ilmuwan dan para teknisi pelumas didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan pelumas. Manfaat yang diperoleh pelanggan adalah, antara lain, biaya pemeliharaan yang lebih rendah, umur peralatan yang lebih panjang, dan konsumsi energi yang lebih kecil. Salah satu cara kami menembus batas teknologi pelumas adalah dengan bekerja sama erat dengan tim balap motor terkemuka seperti Scuderia Ferrari dan BMW Motorsport. Kemitraan teknis ini membantu memperluas pengetahuan kami dalam bidang pelumasan dan menerapkan teknologi mutakhir dari arena balap ke produk komersial kami.

Shell dikenal sebagai perusahaan pelumas terkemuka dunia berdasarkan laporan tahunan Kline & Company untuk sektor pelumas global (”Industri Pelumas Global 2016: Kajian dan Analisa pasar “), yang menegaskan bahwa Shell mampu mempertahankan posisi kepemimpinannya dengan menguasai pangsa pasar sebesar 11,6% pada tahun 2015. Ini adalah tahun ke sepuluh Shell Lubricants dinobatkan sebagai pemasok pelumas nomor satu dunia.(DWI)

Foto: Dok SHELL

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tahun ini PDC Berkomitmen Ciptakan Kembali Operation Excellence dengan Zero accident

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Patra Drilling Contractor (PDC), bagian dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *