Friday , 4 December 2020
Home / ENERGI MINYAK & GAS / RENCANA PENGGUNAAN SF-05 SEBAGAI OIL BASE MUD DI PT PERTAMINA HULU MAHAKAM

RENCANA PENGGUNAAN SF-05 SEBAGAI OIL BASE MUD DI PT PERTAMINA HULU MAHAKAM

RESOURCESASIA.ID, BALIKPAPAN – Bertempat di Ballroom Hotel Aston Balikpapan, dilakukan Workshop Rencana Penggunaan SF-05 sebagai Oil Base Mud di PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Pada 14 November 2018 Kegiatan tersebut di­hadiri oleh VP Petrochemical Trading, Special Chemical Manager – Direktorat Pemasaran Korporat: Abdul Hafid Rasjid, Manager M&T Finance Business Support: Siswanto Ekaputra, Manager Legal Service Products: Wisnu Danandi, Manager RP&O RU V Balikpapan, Perwakilan Fungsi Development & Production – Direktorat Hulu, Perwakilan RTC Pulogadung, Perwakilan UTC, Perwakilan dari Anak Perusahaan Hulu (PHI/PHM, EP, PDSI, PIEP, PHSS, PHKT dan tim Pertamina RU V dari fungsi Refinery Planning & Optimization, Quality Mana­gement, Laboratory, Process Engineering dan Production.

Tak hanya menyokong ketahanan energi di wilayah Kalimantan dengan produk BBM-nya, produk NBBM/Petrokimia produksi Refinery Unit V (RU V) Balikpapan juga berperan mendukung berjalannya operasi bisnis, baik perusahaan nasional maupun multinasonal. Salah satu produk NBBM RU V, Smooth Fluid 05 (SF-05) yang berperan sebagai base oil dalam campuran drilling mud tipe OBM (oil base mud) dan telah digunakan di perusahaan-perusahaan sektor hulu migas antara lain Pertamina EP, Petrochina, dan VICO Indonesia.

Smooth Fluid adalah cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran dari fraksi minyak, sebagai komponen dari Oil Base Mud, yang memiliki karakteristik khusus, Non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran seperti gasket dan seal, Mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi, Mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, Mempunyai keamanan yang baik di area lumpur, Mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

Sesuai dengan Peraturan ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. Sinergi Perusahaan dan anak perusahaan sangat diharapkan dalam mengutamakan produk dalam negeri.

Special Chemical Manager – Direktorat Pemasaran Korporat, Abdul Hafid Rasjid mengungkapkan, “Point yang di tekanan untuk sinergi PHI adalah penganggatan sinergi antar perusahaan di Pertamina dengan anak perusahaanya, dalam rangka mengoptimalisasi dan men-sinergikan antar direktorat sesuai dengan amanat dari direktur hulu, direktorat hulu mendorong penggunaan SF-05 untuk digunakan oleh seluruh PH di Pertamina, prodak SF-05 sebeumnya sudah digunakan di beberapa PH kita seperti Pertamina EP dan PHSS sehingga diharapkan SF-05 ini nantinya bisa digunakan PHM serta PH lainya.”

Diproduksi di RU V Balikpapan sejak tahun 2007 dan digunakan sebagai Base Oil dalam pembuatan Oil Base Mud untuk memenuhi keperluan pengeboran baik di lapangan eksploitasi maupun eksplorasi. Produk tersebut memiliki keunggulan ramah lingkungan (kandungan aromatik rendah), aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran, harga kompetitif dan jaminan suplai yang baik.

Smooth Fluid-05 (SF-05) telah digunakan di lingkungan PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Produk SF-05 digunakan sebagai salah satu komponen pembuatan lumpur minyak (Oil Base Mud) untuk keperluan pengeboran di lapangan Sukowati, Bojonegoro Jawa Timur.Smooth Fluid-05 (SF-05) terbukti memiliki performance yang unggul dalam berbagai kondisi pengeboran, karena telah digunakan 100% dalam proses pengeboran di sumur Sukowati #24, sehingga membuktikan kualitas SF-05 tidak kalah dibandingkan produk impor lainnya.

SF-05 sendiri juga telah mendapatkan Hak Paten dan telah dilakukan assessment oleh Haliburton berbasis ISO 9001 QMS Surveilance dengan hasil Level A Well-Developed QMS. (Dwi)

Foto: Dok Pertamina

Check Also

10 RIBU PESERTA HADIRI KONVENSI IOG 2020

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Secara tidak terduga, peserta 2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil and …

Leave a Reply