Thursday , 22 October 2020
Home / ENERGI MINYAK & GAS / PEP SIGAP OPTIMALISASI PERFORMA KOMPRESOR SKG TINGKATKAN PRODUKSI

PEP SIGAP OPTIMALISASI PERFORMA KOMPRESOR SKG TINGKATKAN PRODUKSI

RESOURCESASIA.ID, BUNYU,KABUPATEN NULUNGAN – Sebagai bentuk kerja nyata dan kerja bersama, PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field (PEP Bunyu) berkomitmen tinggi terhadap keselamatan kerja dalam operasionalnya. Komitmen ini diwujudkan dalam bentuk suksesnya tim Reliability, Availability, and Maintenance (RAM) mengatasi permasalahan kompresor di SKG Bunyu.

Pada Selasa (6/11), Bunyu Field Manager Julfrinson A. Sinaga memberikan apresiasi kepada tim RAM karena telah mengatasi permasalahan shut down kompresor SKG Bunyu. Shut down kompresor SKG Bunyu ini disebabkan tingginya vibration fan cooler yang mencapai 1.3 ips. Sehingga fungsi RAM melakukan investigasi untuk mengatasi shut down tersebut. Hasil investigasi menunjukkan adanya beberapa permasalahan seperti terjadinya corrosion pada skid dudukan pillow block dan vibration censor yang disebabkan oleh cooler pendinginannya dibantu dengan pengguyuran air. Tim RAM PEP Bunyu segera melakukan perbaikan dengan mengganti skid structure dengan material yang sesuai agar kompresor tidak shut down. Tim terdiri dari Pedy Siampa (Hoist & Heavy Equipment Sr. Technician), Muhammad Nasrudin (Gas Production Supervisor), Antok Afan (Mechanical Senior Supervisor), Khairul (tenaga kerja jasa penunjang/TKJP), Dahlan (TKJP), dan Ishak Ponni (TKJP).

Melihat optimisme dan keberhasilan tim RAM dalam menangani shutdown, Bunyu RAM Assistant Manager Ahmad Irfan Goeltom berkomitmen untuk meningkatkan kehandalan kompresor lainnya di PEP Bunyu. Bunyu Field Manager Julfrinson A. Sinaga memberikan apresiasi kepada tim guna mendorong semangat kerja untuk mewujudkan tagline “Mengabdi Untuk Negeri”.

Komitmen seluruh pekerja dan mitra kerja PEP Bunyu Field yang cepat tanggap dalam mengatasi permasalahan shut down kompresor ini akan berdampak signifikan pada upaya penambahan produksi PEP Bunyu Field.

PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field (PEP Bunyu) merupakan salah satu field yang beroperasi di bawah pengawasan PT Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Data Oktober 2018 menunjukkan bahwa produksi minyak mentah (YTD) PEP Bunyu sebesar 4.766 barrel oil per day (BOPD) dari target 4.363 BOPD, atau realisasi sebesar 109,2% dari target yang ditentukan. Sedangkan produksi gas (YTD) PEP Bunyu sebesar 6,83 million standard cubic feet per day (MMSCFD) dari target 7,60 MMSCFD, atau realisasi sebesar 89,9%. Julfrinson mengungkapkan bahwa PEP Bunyu Field akan terus meningkatkan sinergi untuk meningkatkan angka produksi. ” Kami optimis pada akhir tahun angka produksi dapat tercapai bahkan melebihi target”, pungkasnya. (RA)

Foto: Dok Pertamina

Check Also

MILIKI KINERJA TANGGUNG JAWAB SOSIAL YANG BAIK, PERTAMINA RAIH PENGHARGAAN INDONESIA CSR-PKBL AWARD 2020

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina berhasil meraih penghargaan Best PKBL kategori Mining and Quarrying with Outstanding …

Leave a Reply