Thursday , 30 May 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / Presdir PT Freeport Indonesia Berbagi Tips Kepemimpinan Bersama Mahasiswa Unhas Makassar

Presdir PT Freeport Indonesia Berbagi Tips Kepemimpinan Bersama Mahasiswa Unhas Makassar

RESOURCESASIA.ID, MAKASSAR – Civitas Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar kegiatan CEO Talks dengan narasumber Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas di Auditorium Prof. Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, pada Rabu (13/9/2023).

Kegiatan CEO Talks ini merupakan rangkaian Dies Natalis Unhas ke-67, dibuka oleh Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc di hadapan sekitar 700 mahasiswa bersama staf dosen Unhas.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. menyampaikan apresiasi atas kehadiran Tony Wenas dalam berbagi cerita dan tips menuju kesuksesan bersama Unhas. Rektor Unhas meyakini banyaknya cerita pengalaman menuju sukses dari Presiden Direktur PTFI dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa Unhas.

“Kami meyakini cara memimpin yang dibagikan CEO PTFI dan cara membangun kolaborasi ini dapat menjadi motivasi dan membangun kepercayaan diri para mahasiswa Unhas, dan kami berharap agenda kegiatan ini dapat membuka peluang mahasiswa ataupun alumni dapat berkiprah di PTFI dan kami menyambut ini sebagai peluang yang baik,” kata Prof. JJ, sebutan akrab Rektor Unhas.

Dalam diskusi yang dipandu oleh Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas Abdullah Sanusi, S.E., MBA., Ph.D., Tony Wenas berbagi pengalaman dan strategi kepemimpinannya selama menjadi Chief Executive Officer (CEO) di berbagai perusahaan dalam menghadapi era perubahan yang dinamis.

“Pola pikir atau mindset anak muda harus terus berkembang jika ingin menjadi sosok profesional. Wawasan yang luas akan membantu kita dapat memiliki pola pikir yang lebih strategis,” kata Tony.

Tony mengungkapkan pengalaman kepemimpinannya di beberapa perusahaan multinasional, termasuk PTFI, melibatkan interaksi dengan tim multikultural yang memiliki latar belakang yang beragam.

Di hadapan mahasiswa dan dosen Unhas, Tony Wenas membagikan tips andalannya yang mengantarnya menuju kesuksesan. “Ada empat hal pokok yang harus dipegang sebagai seorang pemimpin, yakni setiap pemimpin harus mampu menanamkan nilai kejujuran atas diri sendiri serta terhadap orang lain, konsisten dengan kedisiplinan, fokus serta tulus dalam menjalani setiap pekerjaan,” ungkap Tony.¬†

Selain motivasi, Tony Wenas juga menyampaikan informasi data perekonomian Indonesia saat ini dan aktivitas perusahaan dalam mengelola pertambangan di Papua. Dalam presentasi yang disampaikan, PTFI dapat terus beroperasi hingga kini karena selaras menjalankan operasional dan kontribusi terhadap pemerintah daerah, pusat, serta memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar area operasi.

Tony turut mengisahkan dalam pengalamannya bersama PTFI yang saat ini menerapkan nilai-nilai perusahaan dengan sebutan SINCERE (Safety, Integrity, Commitment, Respect, Excellence) kepada seluruh karyawan yang dipimpin dalam menjalankan bisnis perusahaan. 

“Kami mendapatkan tips menarik dari kegiatan hari ini, kita jadi tahu perlunya membagi waktu antara fokus aktivitas pekerjaan, aktivitas hobi, organisasi sampai cara beristirahat yang efektif versi CEO PTFI,” kata Muhammad Ridwan, mahasiswa Unhas dari fakultas Informatika. Acara CEO Talks ini diharapkan dapat memberi wawasan berharga bagi mahasiswa dan dapat mengantar mereka menjadi pemimpin di era perubahan. (Rama)

Foto: Dok PTFI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Perkuat Hilirisasi, MIND ID Dorong Kemajuan Smelter di Gresik

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA¬†– BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus mendorong kemajuan pengembangan Smelter PT Freeport …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *