Monday , 29 November 2021
Home / Resources News / Posyandu Homecare Atasi Kendala Pengecekan Kesehatan di Masa Pandemi

Posyandu Homecare Atasi Kendala Pengecekan Kesehatan di Masa Pandemi

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 tentu telah membatasi ruang gerak masyarakat dan mengurangi frekuensi berkunjung ke tempat keramaian tidak terkecuali ke puskesmas dan rumah sakit. Dengan kendala ini, PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui pabrik pelumas Production Unit Jakarta (PUJ), bersama dengan para Kader Posyandu RW 02 Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara menginisiasikan program “Posyandu Homecare” sekaligus melakukan pelatihan kepada para kader posyandu.

Program dan pelaksanaan pelatihan dilakukan pada hari Kamis (7/10) di kantor Kelurahan Tugu Selatan. Acara dibuka oleh Lurah Tugu Selatan Sukarmin dan dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Rahayu, Kasi Kesejahteraan Kecamatan Koja Dewi, Manager Production Unit Jakarta PTPL Dody Arief Aditya, Tim Gizi dan Bidan Puskesmas Kelurahan Tugu Selatan, serta 20 kader posyandu.

Posyandu Homecare merupakan suatu inovasi yang muncul dalam mengatasi keterbatasan ruang gerak masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Program ini mengajak para kader PKK dan posyandu untuk aktif menjemput pasien dalam rangka memonitor kesehatan masyarakat khususnya lansia dan balita.

Manager Public Relations PTPL Intania Prionggo mengatakan, “Homecare kini sudah menjadi strategi dasar disektor kesehatan setelah pandemi Covid-19 hadir di Indonesia. Posyandu Homecare merupakan langkah sinergi pemerintah dan industri dalam memastikan bahwa monitoring kesehatan masyarakat secara rutin khususnya lansia dan balita tetap dijalankan secara optimal. Dengan program ini diharapkan mampu menjadi jembatan penghubung antara puskemas dengan masyarakat sehingga aksi pencegahan masalah kesehatan dapat ditekan tanpa perlu datang ke puskesmas.”

Program ini merupakan pilot project yang dilaksanakan di Kelurahan Tugu Selatan. Kedepannya program diharapkan dapat direplikasi oleh wilayah lain dan disebarluaskan skemanya agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin menuturkan harapannya akan program ini. “Besar harapan kami agar program ini dapat berjalan dengan baik dan para kader dan tenaga medis terus termotivasi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. Kami juga berharap kolaborasi dan dukungan dari PTPL dapat kita optimalkan untuk kepentingan bersama sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat.”

Dalam kegiatan ini, PTPL turut mendukung program ini melalui pemberian alat kesehatan lansia dan balita antara lain timbangan anak, timbangan badan dewasa, pengukur tinggi badan, set alat cek gula darah, alat tensimeter, dan Alat Pelindung Diri (APD).

Posyandu Homecare dipantau langsung oleh tim kesehatan puskesmas Kelurahan Tugu Selatan dan seluruh kader yang mengikuti pelatihan melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dengan menjaga jarak dan memenuhi persyaratan wajib vaksin dua kali.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan Go Sustainable dengan mendorong nilai ESG (Environmental Social Governance) serta turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 yakni Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan. (RAMA)

FOTO: DOK PERTAMINA LUBRICANT

Check Also

Elnusa Raih Kontrak Baru Jasa Survei Seismic

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA), perusahaan penyedia jasa energi nasional terkemuka melalui Divisi …

Leave a Reply