Thursday , 30 May 2024
Home / KELISTRIKAN / PLN Indonesia Power Pastikan Keandalan PLTU Bengkayang Andal Suplai Listrik ke Sistem Khatulistiwa Saat Libur Lebaran
EVP Pembangkitan dan Independent Power Producer PT PLN (Persero) Emir muhaimin dan jajaran bersama Manager PLN IP PLTU Bengkayang Slamet Muji Raharjo dan jajaran saat memastikan kondisi unit dalam keadaan baik langsung melalui Central Control Room (CCR) PLTU Bengkayang.

PLN Indonesia Power Pastikan Keandalan PLTU Bengkayang Andal Suplai Listrik ke Sistem Khatulistiwa Saat Libur Lebaran

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Sebagai Generation Company terbesar se Asia Tenggara PLN Indonesia Power (PLN IP) selalu berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal untuk masyarakat Indonesia. Pada moment Lebaran 1445 Hijriah PLN IP tidak hanya jamin keandalan pasokan listrik di pulau Jawa namun juga di pulau Kalimantan melalui PLTU Bengkayang yang memasok 20 persen di sistem kelistrikan khatulistiwa.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan seluruh personil siaga PLN IP dengan sepenuh hati melayani pasokan listrik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Saat ini kami tengah siaga kelistrikan Lebaran 1445 Hijriah sampai dengan tanggal 19 mendatang, tak hanya kesiapan kelistrikan yang ada di pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di Indonesia, namun juga di Kalimantan, kami disana ada beberapa pembangkit, salah satunya PLTU Bengkayang yang memasok ke sistem khatulistiwa,” ujar Edwin.

Seperti diketahui PLTU Bengkayang 2×50 Megawatt saat ini menyumbang 20 persen dari kebutuhan sistem kelistrikan khatulistiwa serta melistriki sebagian besar wilayah Kalimantan Barat dengan masuk ke sistem khatulistiwa melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150KV.

BACA JUGA:

PLN Indonesia Power Kerahkan Ribuan Personil Saat Malam Takbir 1445 Hijriah

EVP Pembangkitan dan Independent Power Producer PT PLN (Persero) Emir Muhaimin (kiri) bersama Manager PLN IP PLTU Bengkayang Slamet Muji Raharjo (kanan) saat memastikan langsung keandalan mesin pembangkit di area Unit PLTU Bengkayang.

Sementara itu Manager PLN IP PLTU Bengkayang Slamet Muji Raharjo mengungkapkan saat ini PLTU Bengkayang dalam keadaan andal dan prima dalam memasok listrik. Slamet juga mengatakan sebelum memasuki libur lebaran Insan PLN IP PLTU Bengkayang telah melaksanakan pemeliharaan secara berkala dan selalu memastikan keandalan mesin pembangkit.

“Jauh-jauh hari kami telah menyiapkan segala sesuatunya dan kami pastikan semua mesin pembangkit dalam keadaan prima,” ungkap Slamet.

Sebelumnya, PLTU Bengkayang berhasil sabet Penghargaan Foder Free (Force Outage Derating Free). Penghargaan ini diraih atas keberhasilan PLTU Bengkayang bebas gangguan baik turun beban maupun trip selama 152 hari sepanjang Tahun 2023.

BACA JUGA:

PLN Indonesia Power Borong 5 Penghargaan di Ajang Digitech Award 2024, Buah Transformasi Digitalisasi dan Inovasi

PLTU Bengkayang 2×50 Megawatt yang memasok listrik ke sebagian besar wilayah Kalimantan Barat melalui Sistem Kelistrikan Khatulistiwa.

PLTU Bengkayang juga telah menerapkan cofiring biomass dari Pelet Tandan Kosong (Tangkos) Kelapa Sawit sebesar 5 persen. Selain telah menjadi komitmen dalam membantu Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission di tahun 2060, Cofiring Biomass ini juga merupakan salah satu green booster dalam program akselerasi peningkatan bauran energi terbarukan Tanah Air. (Rama Julian)

Foto: Dok PLN Indonesia Power

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Pentingnya Fungsi Pengawasan IA MIND ID dalam Mengawal CSR Perusahaan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA¬†– Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan transparansi program Corporate Social Responsibility (CSR), BUMN Holding …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *