Wednesday , 24 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Pertamuda Seed & Scale 2023 Lahirkan Entrepreneur Muda
Vice President Stakeholder Relations & Management Pertamina Persero Rifky Rakhman Yusuf, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Sub Holding Commercial & Trading (C&T) Harsono Budi Santoso beserta jajaran manajemen mengunjungi Mini Expo di acara Final Pitch Pertamuda Seed & Scale 2023, pada rabu (29/11) di Ballroom Hotel The Patra Bali.

Pertamuda Seed & Scale 2023 Lahirkan Entrepreneur Muda

RESOURCESASIA.ID, BALI – Pertamuda Seed & Scale 2023 merupakan kompetisi ide bisnis yang diselenggarakan untuk mahasiswa di Indonesia. Kompetisi tersebut bertujuan untuk memperluas implementasi SDGs dan inovasi pada sektor energi. Pun dalam mendorong perusahaan rintisan (start-up) di Indonesia mendapatkan akses permodalan.

Pada tahun ini, gelaran Pertamuda memiliki dua kategori kompetisi, yaitu Early Stage Start-up dan Energy Founder. Early Stage Start-up merupakan kategori kompetisi untuk bisnis rintisan. Dapat berupa bisnis yang masih berada pada tahap ideasi atau bisnis pada tahap awal yang masih bergantung pada seed funding (pendanaan awal). Sedangkan, Energy Founder merupakan kategori kompetisi yang diperuntukan khusus bagi Founder dengan ide bisnis bidang energi.

Vice President Stakeholder Relations & Management PT Pertamina Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, momentum ini merupakan bukti kolaborasi antara Pertamina selaku industri dan sektor pendidikan, serta pemerintah untuk meningkatkan sifat ataupun sklill entrepreneurship di semua kalangan, khususnya para peserta kompetisi Pertamuda 2023.

“Hari ini akan berlangsung Final Pitch, yang dimana mengajak kita semua untuk melihat ataupun membuka pikiran, sehingga kita dapat menerima gagasan dan keterbukaan dari antusiasme semua peserta 15 terbaik,” ujar Rifky saat pembukaan Final Pitch Pertamuda Seed & Scale 2023, pada Rabu, 29 November 2023, di Hotel The Patra Bali.

BACA JUGA : Dirut Paparkan Kinerja Hingga Kesiapan Jelang Nataru 2024, DPR Apresiasi Kinerja Pertamina

Ke-15 gagasan tersebut terdiri 10 gagasan Early Stage Start-up dan 5 Energy Founder yang akan memperebutkan 3 terbaik di masing-masing kategori, serta mendapatkan dana pembinaan senilai Rp300 juta untuk kategori Early Stage Start-up dan Rp105 juta untuk kategori Energy Founders.

Vice President Stakeholder Relations & Management Pertamina Persero Rifky Rakhman Yusuf memberikan sambutan sekaligus pembuka Final Pitch di acara Pertamuda Seed & Scale 2023, pada rabu (29/11) di Ballroom Hotel The Patra Bali.

“Semangat untuk setiap tim yang presentasi, kita di sini tidak hanya untuk memilih pemenang tapi juga merayakan perjalanan dari dedikasi setiap peserta dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Mari jadikan final pitch ini menjadi momen berharga dalam memberikan inspirasi untuk perkembangan ide-ide yang luar biasa dari teman-teman semua,” kata Rifky.

Pada kesempatan yang sama, VP CSR & SMEEP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pada tahun ini, Pertamuda Seed & Scale 2023 akan ada salah satu yang ditetapkan untuk bisa digunakan dalam kegiatan operasional Pertamina maupun kegiatan sosial di bidang tanggungjawab sosial dan lingkungan.

Salah satu Peserta Final Pitch mempresentasikan inovasi serta ide bisnisnya didepan para juri di acara Final Kompetisi Pertamuda Seed & Scale 2023, pada rabu (29/11) di Ballroom Hotel The Patra Bali.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya inovasi-inovasi baru dari para mahasiswa atau generasi muda di Indonesia saat ini bisa diimplementasikan di masyarakat, baik itu untuk kebutuhan komersial industri maupun kegiatan sosial yang nantinya akan berdampak pada pergerakan perekonomian di Indonesia,” kata Fajriyah.

BACA JUGA : Pertamina Group Raih Predikat Leadership AA di Ajang ESG Disclosure Transparency Awards

Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini, Pertamuda Seed & Scale mengadakan business matching yang mengikutsertakan berbagai investor dan angel investor sehingga inovasi yang sudah dibangun bisa langsung diaplikasikan.

Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina Persero Fajriyah Usman menjadi salah satu investor di ruang Business Matching di acara Pertamuda Seed & Scale 2023, pada rabu (29/11) di Ballroom Hotel The Patra Bali.

“Pertamina sangat bangga menjadi bagian dari kegiatan ini karena bisa berkolaborasi antara pihak universitas/perguruan tinggi dan nantinya dengan pemerintah. Hal itu juga menjadi poin utama dari Kementerian BUMN untuk bisa menumbuhkan entrepreneur-entrepreneur muda di Indonesia,” ungkap Fajriyah.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Siap Dukung Event Internasional, Pasokan dan Distribusi BBM di Bali dipastikan Berjalan Lancar

RESOURCESASIA.ID, BALI – Bali terkenal dengan daerah tujuan wisata dan menjadi tempat perhelatan nasional hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *