Tuesday , 21 May 2024
Home / CSR / MIND ID Mitigasi Perubahan Iklim Melalui Penanaman Bibit Pohon

MIND ID Mitigasi Perubahan Iklim Melalui Penanaman Bibit Pohon

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA –  BUMN holding industri pertambangan Indonesia (MIND ID) konsisten melakukan mitigasi perubahan iklim melalui aktivitas pelestarian lingkungan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Program pelestarian lingkungan yang dijalankan MIND ID salah satunya melalui pembibitan Multy Purpose Tree Species (MPTS). Program ini hadir sebagai solusi untuk menyediakan bibit tanaman yang bermanfaat bagi ekologi dan ekonomi.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan bahwa selain untuk mendukung penghijauan, tanaman MPTS turut menghasilkan komoditas kayu dan nonkayu guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun, model pembibitan ini salah satunya dikelola oleh Yayasan Bumi Selaras (YBSS) di Sentul. Program   tersebut turut memberdayakan masyarakat sekaligus mendorong kampanye pelestarian lingkungan hidup.

Perseroan merealisasikan 100.000 pembibitan tanaman kayu dan buah dengan sistem MPTS di Sentul, Bogor sepanjang 2023.

Program MPTS juga dijalankan oleh Anggota Grup MIND ID, PT Inalum di kawasan Danau Toba. Sepanjang 2023, di lingkungan sekitar Danau Toba telah ditanam sekitar 32.000 bibit pohon.

BACA JUGA:

Komitmen MIND ID Jalankan Program Pembinaan Atletik Indonesia Go Internasional

Sementara itu, Anggota Grup MIND ID lainnya PT Timah memberikan daya dukung terhadap pantai dari abrasi. Inisiatif ini telah dijalankan di 69 wilayah operasional PT Timah, mencakup berbagai daerah yang mungkin paling terdampak akibat perubahan iklim.

Aktivitas program tidak terbatas pada penanaman mangrove saja tetapi juga pohon produktif yang mendukung kehidupan masyarakat sekitar wilayah operasional. Pencapaian PT Timah sepanjang 2023 adalah melakukan 396 penanaman pohon produktif dan 26.500 penanaman bibit mangrove mangrove.

Di sisi lain, melalui program penanaman pohon di lokasi-lokasi sekitar pertambangan ataupun bekas pertambangan, perusahaan telah mengupayakan pemulihan lingkungan dan berperan dalam mitigasi pemanasan global yang memicu perubahan iklim.

“Kontribusi MIND ID terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan memprioritaskan lingkungan, di antaranya mengurangi dampak perubahan iklim melalui penyerapan karbon oleh pohon yang ditanam, meningkatkan pelestarian, restorasi dan pemanfaatan berkelanjutan dari ekosistem daratan, serta menjaga flora dan fauna yang dilindungi, dan lain-lain,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf. (Rama Julian)

Foto: MIND ID

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tingkatkan Transparansi dan Kinerja Perusahaan: Elnusa Berpartisipasi dalam “Market Outlook Sharia”

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *