Tuesday , 5 March 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / Malam Apresiasi MediaMIND 2023, MIND ID Umumkan Pemenang Lomba Jurnalistik
Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso.

Malam Apresiasi MediaMIND 2023, MIND ID Umumkan Pemenang Lomba Jurnalistik

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia kembali menggelar kompetisi karya jurnalistik untuk para jurnalis di seluruh Indonesia. MediaMIND 2023 kali ini mengangkat tema “Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia”, yang diadakan untuk yang kedua kalinya.

Pengumuman kompetisi karya jurnalistik MediaMIND 2023 dilaksanakan pada Selasa (19/12/2023), bertempat di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat.

Dalam pengumuman pihak panitia kompetisi karya jurnalistik tersebut, terdapat empat kategori yang dilombakan yakni karya tulis hard news, karya tulis feature, karya video berita, dan karya foto. Adapun para jurnalis mengirimkan karya yang telah dimuat di media massa pada periode Desember 2022 hingga Agustus 2023.

Kemudian, telah telah dilakukan seleksi karya pada September lalu oleh sejumlah juri pra seleksi.

“Total, sebanyak 255 karya dari 131 peserta yang masuk dipilih 33 finalis untuk site visit ke anggota MIND ID, yang dibagi menjadi tiga klaster: 11 peserta klaster ANTAM, 11 klaster PTBA, dan 11 klaster INALUM,” kata Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso.

Selanjutnya, para finalis tersebut menuliskan kembali karya yang dipilih 12 juara dan tiga best of the best. Adapun juri finalis terdiri dari lima orang yang mumpuni di bidangnya. Antara lain, Arif Zulkifli (Tempo), Zen Rs (Narasi TV), Titin Rosmasari (CNN TV), Singgih Widagdo (IMEF), dan Oscar Motuloh (kurator foto).

Hendi mengatakan, jurnalis menjadi jembatan dari hubungan yang positif dengan media. Hubungan ini menciptakan fondasi penting dari hubungan yang sehat antara perusahaan dan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama mengapresiasi peran penting jurnalis dan media dalam pembangunan kolaborasi yang saling menguntungkan. Bersama kita dapat membangun narasi perusahaan yang kuat, memajukan visi kita, dan memberikan dampak positif bagi Indonesia,” ujarnya.

Kami berterima kasih kepada seluruh pelaku industri media. Selain itu, kami juga percaya adanya kolaborasi dan sinergi dari Grup MIND ID bersama dengan seluruh media ini diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan mandat pemerintah yang diberikan terutama fokus pada akselerasi hilirisasi, penguasaan cadangan sumber daya mineral, serta ekspansi pasar, baik domestik maupun global,” kata Hendi menambahkan.

Untuk pemenang kategori teks site PT Antam Tbk yakni Dame Ambarita ( Metrodaily,jawapos.com), Al Azhar (Harian Enim Ekspres). Kemudian, pemenang site PT Bukit Asam Tbk yakni Arifin Al Alamudi (IDN Times Sumut) dan Verda Nano Setiawan (CNBC Indonesia). Selanjutnya, pemenang site PT Inalum Huyogo Gabriel Yohanes (Liputan6.com) dan Vicky Rachman (Sea.co.id).

Kemudian, pemenang kategori foto site PT Antam Tbk yakni Ariandi (Okemedan.com), site PT Bukit Asam Tbk Abdurachman (Bisnis Indonesia), dan site PT Inalum Eusebio Chrysnamurti (Bisnis Indonesia).

Berikutnya, pemenang kategori video site PT Antam Tbk yakni Dedy Heriyanto (Kompas TV), site PT Bukit Asam Tbk Agung Hepi Pitoyo (CNN Indonesia TV), dan site PT Inalum Edwin Arman Sani (CNN Indonesia TV).

Sementara itu, Best of The Best kompetisi jurnalistik MediaMIND 2023 kategori teks jatuh kepada Dame Ambarita dari Metrodaily, jawapos.com, kategori foto pada Eusebio Chrysnamurti dari Bisnis Indonesia, dan kategori video dimenangkan oleh Agung Hepi Pitoyo dari CNN Indonesia TV.

Para pemenang kompetisi jurnalistik MediaMIND 2023 masing-masing mendapatkan apresiasi masing-masing sebesar Rp10 juta. Sedangkan, Best of The Best masing-masing Rp20 juta.

Selain memberikan penghargaan kepada para peserta lomba MediaMIND 2023, Grup MIND ID juga menggelar media apresiasi, di mana apresiasi ini dilakukan sebagai ajang terima kasih MIND ID kepada pelaku industri media yang sudah membantu industri pertambangan di Indonesia. Adapun jumlah media yang mendapatkan apresiasi adalah, sebagai berikut.

Bisnis Indonesia, CNBC Indonesia, Detik.com, IDN Media, IDX Channel, Investor Daily, Investor Trust, Katadata, Kompas.com, Kontan, Kumparan.com, Liputan6.com, LKBN Antara, Media Indonesia, Nusantara Tv, Rakyat Merdeka, Republika, Suara.com, Tribunnews.com, Viva News, dan VOI.

Selain industri media, MIND ID juga berterima kasih kepada para jurnalis yang sudah turut aktif memberikan karya jurnalistiknya untuk menjaga citra positif serta mengawal isu pertambangan di publik.

Dalam kesempatan ini, Staf Khusus Komunikasi Publik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga memberikan pesannya kepada para jurnalis. Arya merefleksikan dampak positif pemberitaan mendalam yang memberikan pencerahan di masyarakat.

“Jadi, saya ucapkan terima kasih. Semoga acara ini hal yang positif bagi kita BUMN semakin baik, kita informasikan kepada publik maka celah atau jurang pemisah antara realita yang teman-teman yang hadapi di lapangan dengan yang ditangkap publik akan semakin sempit jurangnya,” ucapnya.

Arya juga mendorong agar hubungan media dan BUMN terus berjalan harmonis dalam mendukung pembangunan ekonomi. “Dan inilah yang selalu kita usahakan makanya hubungan dengan media sangat penting karena kemajuan BUMN juga berada di tangan teman-teman wartawan dan media. Sekali lagi selamat buat teman-teman jurnalis,” tuturnya.

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Divestasi Saham Vale ke MIND ID Jadi Momentum dalam Pengembangan Hilirisasi Industri Nikel

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pemerintah melalui BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *