Saturday , 28 November 2020
Home / ENERGI MINYAK & GAS / KBRI Tokyo Selenggarakan Konser Jazz Joey Alexander dalam rangka Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

KBRI Tokyo Selenggarakan Konser Jazz Joey Alexander dalam rangka Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

RESOURCESASIA.ID, TOKYO – Dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo bersama co-host PT Medco Energi Internasional Tbk (“MedcoEnergi”) akan menyelenggarakan konser jazz spesial berjudul “A Jazz Evening with The Joey Alexander Trio” yang akan diselenggarakan di Kioi Hall, Tokyo pada 25 September 2018. Konser ini akan menampilkan Joey Alexander, pianis jazz muda internasional berbakat asal Indonesia.

Konser ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Tokyo sepanjang tahun 2018 guna memperingati tonggak bersejarah dalam hubungan Indonesia dan Jepang. KBRI Tokyo dan MedcoEnergi memandang Joey Alexander sebagai simbol dan perwakilan dari generasi muda Indonesia masa kini: berbakat, inspirasional dan going global. Penampilan Joey Alexander di Jepang kali ini diharapkan dapat turut mempromosikan pertukaran generasi muda dan budaya antara Indonesia dan Jepang.

Bapak Arifin Tasrif, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, dan Bapak Hilmi Panigoro, Direktur Utama MedcoEnergi, akan menyambut sekitar 800 tamu dan mitra kerja KBRI Tokyo dan MedcoEnergi yang akan datang di Kioi Hall. Para tamu tersebut terdiri dari perwakilan Pemerintah Jepang, berbagai perusahaan Jepang, asosiasi persahabatan, organisasi kebudayaan serta para Duta Besar negara asing dan anggota komunitas diplomatik di Tokyo.

Joey Alexander lahir di Bali, Indonesia pada tahun 2003. Sejak usia dini, Joey Alexander kecil telah diperkenalkan pada koleksi album jazz ayahnya yang sangat luas. Pada tahun 2015 di usianya yang menginjak 11 tahun, Joey Alexander mengeluarkan album debut-nya, “My Favourite Things” yang memperoleh pujian dari para kritikus musik dan komunitas jazz, khususnya interpretasinya akan kompisisi kondang John Coltrane berjudul “Giant Steps”.

“My Favourite Things” juga memasuki tangga lagu Billboard di urutan 174, membuatnya sebagai musisi Indonesia pertama yang masuk dalam tangga lagu bergengsi dunia ini. Di usianya yang masih sangat belia, album “My Favourite Things” dan single “Giant Steps” memberikan Joey Alexander nominasi untuk “Best Jazz Instrumental Album” dan “Best Improvised Jazz Solo”, membuatnya sebagai artis jazz termuda yang pernah dinominasikan untuk Grammy Award. Tak hanya itu, penampilannya di panggung malam penganugerahan Grammy Awards ke-58 mengundang standing ovation dari seluruh penonton yang hadir.

Di tahun 2017, Joey Alexander kembali dinominasikan untuk Grammy Award dalam kategori “Best Improvised Jazz Solo” category. Pada bulan Mei tahun ini, Joey Alexander mengeluarkan albumnya yang keempat, “Eclipse”.

Latar Belakang: Indonesia dan Jepang menyepakati dibentuknya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang pada tahun 1958. Sejak itu, kedua negara telah menjalin hubungan dan kerjasama bilateral yang erat di berbagai area kerjasama sebagai mitra strategis. Jepang merupakan mitra yang sangat penting bagi Indonesia. Jepang adalah investor asing terbesar ke-2 di Indonesia setelah Singapura. Nilai investasi Jepang di Indonesia pada tahun 2017 mencapai USD 4.9 milyar dalam 3.464 proyek. Saat ini, terdapat sekitar 1,000 perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia dan berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja bagi 4,7 juta penduduk Indonesia.

MedcoEnergi adalah salah satu perusahaan swasta nasional terbesar di Indonesia yang telah menjalin kerjasama dan bermitra dengan berbagai perusahaan Jepang terkemuka dalam pengembangan bisnisnya, mulai dari industri minyak dan gas, kelistrikan dengan tenaga panas bumi, maupun keuangan. MedcoEnergi merupakan perusahaan publik energi dan sumber daya alam terpadu yang dengan eksposur di industri pertambangan dan kepemilikan signifikan di kelistrikan disamping bisnis inti kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia dan kawasan Timur Tengah, Afrika Utara dan Amerika Serikat. Perusahaan didirikan pada 1980 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak bulan Oktober 1994.

Guna merayakan 60 tahun hubungan diplomatik ini, KBRI Tokyo telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial budaya, diantaranya konser paduan suara The Resonanz Children’s Choir dan Angklung SMA 3 Bandung pada 23 Juni 2018 yang dihadiri oleh Yang Mulia Pangeran Akishino beserta keluarga. Selain itu, KBRI Tokyo juga turut menyebarkan pesan 60 tahun Indonesia-Jepang melalui partisipasi Indonesia dalam “Festival Indonesia” yang diselenggarakan di Tokyo pada 28-29 Juli 2018 dan berbagai festival/matsuri yang diselenggarakan di Sapporo, Hiroshima, Fukuoka dan Kesennuma sepanjang tahun 2018. (RA)

Foto: Dok Medco

Check Also

SKK Migas Dorong Pengeboran Sumur Pengembangan yang Agresif Tahun Depan

RESOURCESASIA.ID, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) …

Leave a Reply