Friday , 14 June 2024
Home / KELISTRIKAN / Indonesia dan Turki Siap Kembangkan Industri Baterai Kendaraan Listrik

Indonesia dan Turki Siap Kembangkan Industri Baterai Kendaraan Listrik

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Indonesia bersama Turki siap memperkuat kerjasama untuk mengembangkan beberapa sektor prioritas yang dinilai memiliki potensi sangat besar bagi kedua negara. Diantaranya industri baterei untuk kendaraan listrik, industri pertahanan serta antar kawasan industri dan industri halal.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangannya Jumat (7/6/2024), seputar hasil kunjungan kerja ke Istanbul dan Ankara pada 4-5 Juni 2024.

Selama kunjungan tersebut, Menperin Agus bertemu dengan berapa pimpinan perusahaan industri serta Menteri Perindustrian dan Teknologi Turki, H.E. Mehmet Fatih Kacir.

“Indonesia dan Turki memiliki sektor industri manufaktur yang berkembang pesat dan menawarkan banyak potensi untuk kerja sama. Kami harap melalui kolaborasi ini, industri manufaktur di kedua negara dapat tumbuh lebih kuat,” ucap Agus.

BACA JUGA:

Pertambangan Butuh Alat Berat, Perlu SDM Kompeten dan Hebat

Dalam kerja sama industri baterai berbahan baku nikel untuk kendaraan listrik (EV), menteri mengundang produsen EV Turki untuk bermitra dan berinvestasi di Indonesia, dengan menawarkan berbagai insentif yang dapat diberikan pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri.

Saat ini, Indonesia, sebagai salah satu produsen nikel terbesar di dunia, memiliki PT Industri Baterai Indonesia/Indonesia Battery Corporation yang mendukung investasi di sektor EV.

Kemenperin akan berkoordinasi dengan BUMN Mind ID untuk menindaklanjuti pembahasan mengenai kerangka investasi bersama di bidang baterai EV dan industri otomotif. (RA)

Foto: Dok ist

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Program Gerilya Academy Antar Kementerian ESDM Raih Penghargaan “Sustainability Initiative” se-Asia

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) berhasil meraih penghargaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *