Tuesday , 16 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Gelar Festival Ciliwung 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Gelar Festival Ciliwung 

RESOURCESASIA.ID, DEPOK – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) menggelar Festival Ciliwung 2024. Festival ini mengambil tema ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyebut kegiatan ini juga sekaligus implementasi dari hasil diskusi di World Water Forum 2024 (WWF) di Bali beberapa waktu lalu.

“Di mana salah satu komitmen yang disepakati adalah mendorong konservasi perlindungan dan keberlanjutan sumber daya air. Termasuk air tanah sebagai elemen penting untuk kehidupan manusia dan ekosistem,” ujar Siti, dalam agenda Festival Ciliwung 2024 di Depok, Sabtu (15/6/2024).

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan rasa cinta kepada sungai. Sehingga, lingkungan sungai bisa menjadi ruang publik, tempat wisata, edukasi, konservasi, hingga olahraga.

“Diharapkan kegiatan ini dapat membangun peran serta masyarakat untuk merawat ekosistem Sungai Ciliwung, melestarikan budaya lokal, meningkatkan ekonomi masyarakat, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyelamatan sungai dan mata air,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut pihaknya senantiasa mendukung program-program KLHK. Apalagi, Pertamina juga memiliki visi Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Kita ikut berpartisipasi aktif dengan beberapa stakeholder terkait,” kata Nicke.

Nicke menyebut sinergi dan kolaborasi semua stakeholder seperti akademisi, pemerintah, pebisnis, komunitas, serta media dapat menjadikan lingkungan sungai yang indah dan bersih.

“Ayo kita bersama-sama mengajak masyarakat untuk menjaga semua sungai yang ada di Indonesia,” ajaknya.

Selain kegiatan ‘Fun River Run’ dan ‘Arung Edukasi’, Festival Ciliwung 2024 juga melakukan pendandatanganan komitmen 15 komunitas untuk menjaga kebersihan sungai Ciliwung. Di samping itu, juga ada penyerahan 200 bibit pohon dan bantuan berupa 7 buah perahu karet untuk Komunitas Peduli Sungai di seluruh Indonesia. (RA)

Foto: Dok

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Dukung Produksi Migas, PHE ONWJ Aktifkan Kembali Platform LES di Lepas Pantai Karawang

RESOURCESASIA.ID, KARAWANG – Untuk menjaga ketahanan energi, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *