Friday , 21 June 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / Bersama Kemenko Marves, Harita Nickel Ajak Generasi Muda Untuk Peduli Mangrove

Bersama Kemenko Marves, Harita Nickel Ajak Generasi Muda Untuk Peduli Mangrove

RESOURCESASIA.ID, TANGERANG – PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap upaya mengatasi perubahan iklim yang dilakukan pemerintah. Kali ini aksi nyata dilakukan bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI lewat kegiatan Aksi Penanaman Mangrove #Bersama Hijaukan Indonesia.

Tak kurang dari empat kegiatan sekaligus dilaksanakan di Ketapang Urban Aquaculture, Mauk, Tangerang, Banten pada Kamis (31/08/2023), yaitu penanaman 15.000 bibit mangrove di lahan seluas 3 hektar, pelepasliaran mimi (horseshoe crab/ belangkas), pembagian 400 bibit pohon produktif dan aksi sosial kepada masyarakat.

Menariknya, aksi nyata kali ini melibatkan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) dan para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten.

Ketua Bidang IV OASE-KIM/ penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenko Marves Devi Luhut Panjaitan hadir dan berinteraksi hangat dengan puluhan pelajar. Sederet pesan terkait pentingnya mangrove dan upaya rehabilitasi berkali-kali disampaikan Devi kepada pelajar yang hadir.

Kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia, HUT Kemerdekaan RI dan Hari Maritim Nasional ke-59 ini juga dihadiri oleh Sekretaris Kemenko Marves Ayodhia G. L. Kalake, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan (PLK) Kemenko Marves Nani Hendiarti dan Penasihat Khusus Menko (PKM) Marves Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

Dalam sambutannya, Deputi PLK Nani Hendiarti menekankan pentingnya para siswa mempelajari pelestarian lingkungan sejak dini melalui kurikulum sekolah.

“Hal ini akan lebih bagus lagi jika sekolah memasukkan kegiatan menanam pohon seperti mangrove atau pohon-pohon produktif lainnya dalam kegiatan rutin sekolah. Ini dapat menjadi inisiasi dini revolusi mental, agar menjaga kelestarian alam menjadi bagian dari budaya kita,” pesan Nani.

Mangrove menjadi penting karena tidak hanya menjaga pesisir dari bencana alam, tapi juga berfungsi menjadi sumber kehidupan dan makanan biota laut lainnya seperti ikan, udang dan kepiting. Disinilah peran perempuan terhadap keberhasilan program rehabilitasi mangrove juga tidak bisa dianggap enteng. Saat ini, ibu-ibu nelayan dengan pembinaan PKK ikut menanam mangrove dan mengolah produk mangrove menjadi sirup, kerupuk, pewarna batik dan lain sebagainya.

Head of Community Affairs Harita Nickel Latif Supriadi menyampaikan dukungan agar anak-anak dapat lebih peduli lingkungan termasuk satwa yang hidup didalamnya.

“Sedikitnya ada 10 alasan mengapa perkotaan perlu menanam lebih banyak pohon, yaitu untuk mengatur suhu, peredam bising, filter udara alami dan sebagai sumber oksigen. Pohon juga mampu menyimpan air yang diperlukan dalam kehidupan, membantu menjaga kesehatan fisik dan mental, memiliki nilai keekonomian dan rumah bagi kehidupan satwa liar,” ujar Latif.

Harita Nickel menyiapkan paket buku bacaan bertema lingkungan hidup untuk siswa/i SD dan SMP di sekitar lokasi Ketapang Urban Aquaculture. Sedikitnya 200 buku tentang Burung-Burung Pulau Obi langsung disampaikan oleh Manager Environmental Marine Compliance Windy Prayogo ke kantor Kemenko Marves, Jakarta pada Senin (28/08/2023) dan diterima oleh Sekretaris Deputi (Sesdep) PLK, Dirhansyah Conbul.

“Kami menyambut baik inisiatif Harita Nickel berbagi buku bacaan untuk para pelajar. Dulu untuk menyambut Hari Maritim Nasional kami menyelenggarakan pekan literasi, tapi agar lebih semarak kali ini rangkaian kegiatan berlangsung selama satu bulan. Sekarang jadi bulan literasi maritim yang puncaknya pada 23 September,” ungkap Dirhansyah.

Kegiatan sinergi lintas sektor ini dilaksanakan dengan menggandeng Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta dan didukung penuh oleh Kabupaten Tangerang. (Rama)

Foto : Dok Harita Nickel

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Berbagi Hari Raya Idul Adha, MIND ID Salurkan 864 Hewan Kurban

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID dan Anggota Grup menyalurkan 864 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *