Saturday , 19 June 2021
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / 150 Mahasiswa Sumut Ikuti E-Coaching Jam Pertambangan dan Buka Puasa Bersama Tambang Emas Martabe

150 Mahasiswa Sumut Ikuti E-Coaching Jam Pertambangan dan Buka Puasa Bersama Tambang Emas Martabe

Resourcesasia.id, Medan – Sebanyak 150 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Utara yakni Institut Teknologi Medan (ITM), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Institut Sains dan Teknologi TD Pardede (ISTP) mengikuti kegiatan E-Coaching Jam (ECJ) Pertambangan yang digelar oleh Tambang Emas Martabe pada Rabu, 23 Mei 2018 di Aula ITM, Kampus ITM, Medan Sumatera Utara.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono mengungkapkan kegiatan ECJ merupakan wadah komunikasi baik secara online maupun temu muka, yang memungkinkan para mahasiswa berbagai jurusan yang berhubungan dengan dunia pertambangan dari sejumlah universitas di Sumatera Utara untuk mendapatkan bimbingan dalam rangka melengkapi pendidikan akademis melalui pengalaman langsung dari praktisi Tambang Emas Martabe.

“ECJ kali ini kami mengetengahkan tema ‘Martabe Gold Mine A to Z’ yakni mengenai pengelolaan Tambang Emas Martabe mulai dari eksplorasi, penambangan, hingga produksi. Kami ingin para mahasiswa dari Sumut memiliki pengetahuan dan pemahaman menyeluruh mengenai pengelolaan pertambangan yang bertanggung jawab di Tambang Emas Martabe,” terang Katarina. Menurutnya, sebagai perusahaan tambang yang beroperasi di Sumut, Tambang Emas Martabe berkomitmen untuk memberikan kontribusi sosial dan finansial yang signifikan khususnya untuk daerah Tapanuli Selatan, serta provinsi Sumatera Utara dan tentunya negara serta masyarakat Indonesia.

“ECJ merupakan program yang sudah kami laksanakan sejak 2014. Sejak pertama kali diluncurkan, total sudah lebih dari 1.000 mahasiswa di seluruh Indonesia yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, tidak hanya di Sumut. Kami berharap ECJ dapat membantu para mahasiswa yang nantinya akan berkecimpung di dunia pertambangan,” tambah Katarina. Selain ECJ, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan buka puasa bersama dan penyerahan maket Master Plant Tambang Emas Martabe sebagai bentuk nyata perhatian dan dukungan perusahaan bagi dunia pendidikan.

Hadir sebagai pembicara ECJ kali ini yakni Superintendent Metallurgy Operation PT Agincourt Resources, Altur Tambun dan Senior Geologist Mine Grade Control PT Agincourt Resources, Latipa Henim. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pembantu Rektor IV ITM Ir. Mustafa M.T, Dekan Fakultas Teknik Mineral ITM Ir. Safriadi M.T, Kepala Jurusan Teknik Pertambangan FTM ITM Ir. M. Eka On Wardhana M.T, dan Kepala Jurusan Teknik Geologi FTM ITM Dr. Ir. Said Muzambiq M.Sc dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi FTM ITM M. Sofyan Hutasuhut.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan ITM Rahmat Situmorang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi ECJ serta penyerahan maket Master Plant oleh Tambang Emas Martabe. “Kami berharap Tambang Emas Martabe secara kontinu menggelar ECJ seperti ini. Kami sebagai mahasiswa yang studinya berhubungan langsung dengan pertambangan dapat merasakan manfaat langsung berupa pengetahuan dan pengalaman praktis dari ahli-ahli pertambangan. Kami juga berharap suatu saat dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah kami dapatkan di dunia kerja,” pungkas Rahmat.

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara.

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 31 Desember 2017 adalah 8,8 Moz emas dan 72 Moz perak. Produksi di Tambang Emas Martabe dimulai pada 24 Juli 2012. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 5 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun.

PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 2.600 karyawan dan kontraktor, sekitar 98% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat. Pemegang saham utama PT Agincourt Resources adalah suatu konsorsium yang dipimpin oleh EMR Capital, entitas pemegang dana ekuitas swasta dengan spesialisasi di bidang pertambangan (61,4% saham). Dalam konsorsium tersebut terdapat juga Farallon Capital, sebuah investor keuangan global (20,6%), Martua Sitorus (11%) dan Robert Hartono & Michael Bambang Hartono (7%). (RA)

Foto: Dok Martabe

Check Also

Tambang Emas Martabe Serahterimakan Menara Pandang Kebun Raya Sipirok Tapanuli Selatan

RESOURCESASIA.ID, SIPIROK – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan …

Leave a Reply