Thursday , 7 November 2024
Home / KELISTRIKAN / 1,5 Juta Warga Jakarta Gunakan SwaCAM PLN Mobile

1,5 Juta Warga Jakarta Gunakan SwaCAM PLN Mobile

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Transformasi digital yang dipimpin oleh Erick Thohir dalam lima tahun terakhir telah membawa dampak signifikan terhadap peningkatan pelayanan PLN kepada masyarakat, khususnya di Jakarta. Salah satu inovasi unggulan adalah fitur SwaCAM atau Swadaya Catat Angka Meter yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, di mana sebanyak 1,5 juta warga Jakarta kini telah memanfaatkannya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran mengungkapkan, Fitur SwaCAM memungkinkan pelanggan pascabayar PLN untuk mencatat angka meteran listrik secara mandiri setiap bulannya, tanpa perlu menunggu kedatangan petugas ke rumah.

“Layanan ini dapat digunakan oleh pelanggan setiap tanggal 23 hingga 27 setiap bulannya, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam pengelolaan tagihan listrik,” kata Lasiran.

Menurut dia, sejak diluncurkan jumlah pengguna SwaCAM terus meningkat dengan pesat. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 1,5 juta warga Jakarta telah menggunakan layanan tersebut. Pada tahun 2021, sebanyak 174.879 pelanggan memanfaatkan fitur SwaCAM. Di tahun 2022, jumlah pengguna SwaCAM sedikit menurun menjadi 163.197 pelanggan. Namun, pada tahun 2023, angka ini kembali meningkat menjadi 266.509 pelanggan. Lonjakan terbesar terjadi dari Januari hingga September 2024, di mana pengguna SwaCAM mencapai 897.650 pelanggan.

“Dengan angka yang terus meningkat, PLN mencatat bahwa hingga September 2024, total sebanyak 1,5 juta pelanggan di Jakarta telah memanfaatkan fitur SwaCAM untuk mencatat angka meteran listrik mereka,” katanya.

BACA JUGA:

PLN Jakarta Raya Kawal Pasokan Listrik Persiapan HUT TNI ke-79 di Monas

“Inovasi ini sejalan dengan upaya PLN untuk menghadirkan layanan yang lebih modern dan efisien melalui transformasi digital. Pelanggan tidak hanya diuntungkan dengan kemudahan, tetapi juga kepastian bahwa data pemakaian listrik mereka tercatat dengan akurat dan transparan,” sambung Lasiran.

Selain memudahkan pelanggan, kata dia, penggunaan SwaCAM juga mendukung efektivitas operasional PLN dengan mengurangi kebutuhan petugas untuk datang ke rumah pelanggan, sehingga meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan meteran.

“PLN terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi-inovasi berbasis teknologi guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya dalam era digital yang terus berkembang,” ujarnya.

“Melalui aplikasi PLN Mobile, berbagai layanan dapat diakses dengan mudah, mulai dari pembayaran tagihan listrik, pengecekan riwayat pemakaian, hingga penggunaan fitur SwaCAM yang semakin populer di kalangan masyarakat,” tambah Lasiran. (RA)

Foto: PLN UID JAYA

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Pertama di Indonesia, Pertamina Eco RunFest 2024 Jadi Ajang Lari Ramah Lingkungan dengan Karbon Netral

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) mengumumkan penyelenggaraan Pertamina Eco RunFest 2024 yang akan berlangsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *