Thursday , 25 July 2024
Home / INDUSTRI PENUNJANG / Untuk Pertama Kalinya, PT Energia Prima Nusantara Meraih Penghargaan Stellar Workplace Award 2023
Human Capital & General Services Dept Head, Bapak Sukendi tengah menerima piagam penghargaan Stellar Workplace Award 2023

Untuk Pertama Kalinya, PT Energia Prima Nusantara Meraih Penghargaan Stellar Workplace Award 2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA PT United Tractors Tbk. (UT) melalui salah satu anak usahanya yaitu PT Energia Prima Nusantara (EPN) untuk pertama kalinya dalam sejarah meraih prestasi gemilang melalui penghargaan yang diperoleh pada Stellar Workplace Award ke-8 tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Le Méridien, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Tahun ini, penghargaan bergengsi tersebut diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen tinggi dalam meningkatkan keterikatan karyawan dengan menggunakan dua dimensi pengukuran, yaitu Employee Engagement dan Employer Branding.

EPN dihadiri langsung oleh Human Capital & General Services Dept. Head, Bapak Sukendi dimana mewakili Ibu Chinthya Theresa AM selaku Presiden Direktur EPN, dengan mengusung tema “New Gen Engagement & Branding,” yang bertujuan menciptakan citra positif dalam proposisi nilai untuk menarik dan mengembangkan talenta muda. Dalam ajang ini, EPN berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yang mencerminkan prestasi gemilang dalam menciptakan lingkungan kerja yang penuh tanggung jawab serta memberikan kepuasan para pegawai.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh EPN adalah Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment, dimana penghargaan bagi Perusahaan yang memiliki indeks komitmen karyawan TINGGI dalam melakukan extra-miles memberi kontribusi positif terhadap kesuksesan Perusahaan.

Kedua, Stellar Workplace Recognition in Employee Satisfaction, dimana penghargaan bagi Perusahaan yang memiliki indeks kepuasan karyawan TINGGI tercermin dalam pernyataan positif mereka tentang Perusahaan kepada rekan kerja maupun pelanggan EPN.

“Melalui penghargaan ini harapannya semakin meningkatkan engagement antar pegawai dengan berbagai program positif yang terus digalakkan di lingkungan EPN. Selain itu, dengan tingkat komitmen dan kepuasan yang tinggi maka target indikator kinerja organisasi pun semakin mudah untuk dicapai,” terang Sukendi. Sukendi juga menambahkan bahwa gaya kepemimpinan juga menjadi salah satu faktor penting dalam dunia kerja. Pemimpin yang baik adalah dapat memberikan arahan jelas, meminimalkan konflik, memberikan daya juang semangat kepada sub-ordinat dibawahnya dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ibu Estiarty Haryani, mengungkapkan bahwa demografi Indonesia telah mengalami perubahan yang cepat dimana jumlah penduduk usia produktif (usia 15 – 64 tahun) terus meningkat dan mencapai puncak pada tahun 2050. Dalam periode tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara dengan Angkatan kerja terbesar di Asia. Namun pada saat yang sama, angka ketergantungan mengalami peningkatan karena jumlah penduduk usia tua (usia 65 tahun keatas) meningkat. Tak hanya itu, rendahnya tingkat pendidikan dan produktivitas membuat Daya Tawar (bargaining position) Pekerja Indonesia relatif rendah. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi kedepannya.

Stellar Workplace Award ke-8 tahun 2023 diselenggarakan oleh Kontan Business & Investment Media bersama GML Performance Consulting menyertakan 8.785 partisipan responden dan diikuti berbagai perusahaan besar seperti BPJS Kesehatan, PT Bank Central Asia Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia Tbk., PT Pupuk Indonesia (Persero), PT AXA Mandiri Financial Services, PT Indonesia Airasia Tbk., PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, PT Matahari Department Store Tbk., PT Merdeka Copper Gold Tbk., PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk., PT PJB Services, PT Pos Indonesia (Persero), dan masih banyak perusahaan lainnya.

“Dukungan dari pimpinan organisasi, lingkungan kerja yang kondusif serta apresiatif, iklim organisasi yang positif, dan dukungan keluarga merupakan faktor-faktor kunci dalam menghadapi setiap tantangan di dunia pekerjaan. EPN terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan kerja demi menciptakan kondisi yang mendukung perkembangan para pegawai,” tutup Sukendi. (Rama)

Foto : Dok

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Startup4Industry Investment Summit, Jadi Akses Pendanaan ke Startup

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA –  Acara Tech Link Summit 2024 telah berakhir. Kegiatan yang diperuntukkan bagi industri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *