Tuesday , 21 May 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Tingkatkan Kompetensi Pendidik, PHR Bekali Konsep STEM untuk Kemajuan Bangsa

Tingkatkan Kompetensi Pendidik, PHR Bekali Konsep STEM untuk Kemajuan Bangsa

RESOURCESASIA.ID, PEKANBARU – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina, memberikan peningkatan kompetensi Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) kepada para Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah di sekitar Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan SEAMEO (Southeast Asian Minister of Education Organization) QITEP (Quality Improvement of Teachers and Education Personnel) in Science (SEAQIS) yang merupakan salah satu SEAMEO Centre di Indonesia yang berada di bawah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud Ristek. Para peserta pelatihan tersebut berhasil menampilkan dan mendemonstrasikan hasil pembelajaran STEM pada Expo Hasil Pembelajaran STEM, yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Pekanbaru, Riau pada Rabu (15/3).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Riau diwakili Kabid Pembinaan SMA, Pahmijan, Direktur SEAMEO QITEP in Science Dr Indrawati, Perwakilan SKK Migas Sumbagut, serta segenap Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas di 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto mengatakan, kegiatan Expo Hasil Implementasi Pembelajaran STEM merupakan salah satu wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PHR. “Program ini menyasar bidang pendidikan, kami percaya bahwa penyelarasan STEM ini dapat menjadi pondasi pengembangan berbagai teknologi maju terkini. PHR secara konsisten terus berupaya mengembangkan kompetensi, memajukan dunia pendidikan dan memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Beriringan juga dengan program pada pilar pendidikan yang lain, PHR juga melaksanakan Program Dukungan Beasiswa Prestasi PHR, Beasiswa Sakai dan Inkubasi karier, serta Kemitraan dengan Perguruan Tinggi,” ungkap Rudi Ariffianto.

Menurut Rudi, menghadapi kuatnya persaingan di revolusi industri 4.0 dan bonus demografi, dunia pendidikan tentu perlu terus dibekali dengan keterampilan-keterampilan dan kompetensi yang lebih advance karena generasi bangsa atau peserta didik kita tidak cukup jika hanya dibekali oleh pemahaman pengetahuan. Mereka perlu didukung untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi.

Bermitra dengan SEAQIS, PHR turut andil pada tantangan dan juga komitmen di atas melalui Program Pembelajaran STEM yang seluruh rangkaian acaranya sudah dijalankan dengan baik, dimulai dari FGD pertama kali pada Agustus 2022. Dalam implementasinya, PHR bersama SEAQIS memberikan pelatihan, pendampingan dalam penyusunan perangkat ajar, hingga saat implementasi pembelajaran STEM di kelas masing-masing guru sasaran. Terlaksananya program ini, tentu tidak lepas dari peran serta multi pihak atau pentahelix, dimana di antaranya ada unsur akademisi dan pemerintah.

Direktur SEAQIS, Dr Indrawati, menyampaikan, program yang dilaksanakan bersama PHR ini selaras dengan arah kebijakan Kemendikbud Ristek untuk kemajuan generasi bangsa. “Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan atau pembelajaran di Indonesia. Program ini untuk memberikan pemahaman dan kemampuan yang baik sesuai aspek STEM untuk generasi bangsa,” ujarnya. Menurutnya, program yang dilakukan PHR bersama SEAQIS ini bukan akhir, tapi adalah awal untuk menciptakan generasi bangsa yang unggul dan berkarakter. “Semoga peran serta ini mampu berkontribusi positif bagi majunya kualitas pendidikan di Riau,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Disdik Provinsi Riau, Pahmijan mengapresiasi peran penting PHR untuk memajukan generasi bangsa. “Kami menyambut baik program peningkatan kompetensi ini, untuk kemajuan generasi bangsa. Tentunya apresiasi yang besar atas langkah ini untuk memajukan dunia pendidikan di Riau,” paparnya.

Program ini memberikan manfaat secara menyeluruh. Hal ini juga dirasakan Kepala Bidang Pembinaan guru dan tenaga kependidikan Disdik Kabupaten Siak, Novendri, yang turut menjadi observer program STEM tersebut. “Program ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidik, untuk kemajuan SDM bangsa dengan konsep yang sangat bagus,” tuturnya.

Sekolah-sekolah di 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang mendapatkan intervensi dari program STEM ini juga berhasil menampilkan hasil pembelajaran pada Expo tersebut, produk unggulan tersebut beraneka ragam dengan konsep ilmu dan teknologi. Dalam pola pendidikan STEM ini, generasi penerus bangsa didorong untuk menghubungkan pengetahuan akademik dan keterampilan yang dimilikinya dalam empat aspek; sains, teknologi, engineering, dan matematika. Serta menggunakannya untuk merekayasa solusi atas suatu permasalahan. (RAMA)

FOTO: DOK PHR

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tingkatkan Semangat Nasionalisme: Elnusa Peringati Hari Kebangkitan Nasional Indonesia ke-116

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *