Tuesday , 16 July 2024
Home / KELISTRIKAN / Tegakkan Prinsip Operasional yang Berkelanjutan, PLN Restorasi 308 Hektar Lahan Tandus Jadi Paru-Paru Baru
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) bersama jajaran dan Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri saat melakukan penanaman mangrove seluas 10 hektar di kawasan konservasi Pasarbanggi, Rembang, Jawa Tengah.

Tegakkan Prinsip Operasional yang Berkelanjutan, PLN Restorasi 308 Hektar Lahan Tandus Jadi Paru-Paru Baru

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT PLN (Persero) berkomitmen untuk menegakkan prinsip operasional yang berkelanjutan melalui pemeliharaan iklim, khususnya di wilayah sekitar unit operasional. Hingga September 2023, PLN berhasil merestorasi 308 hektar lahan tandus menjadi hijau kembali dan menjadi paru-paru baru Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan lewat berbagai langkah strategis. Penanaman pohon, penanaman mangrove, serta pengelolaan sampah kota akan terus digalakkan oleh PLN ke depan.

“Kami sadar betul bahwa setiap perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Kami tidak hanya mengolah dan mengelola sumber daya alam yang ada di bumi, namun juga mengembalikan alam bumi lewat langkah restorasi,” kata Darmawan.

PLN telah melakukan penanaman 86.211 pohon (produktif dan mangrove) di 30 provinsi di Indonesia. Lewat langkah ini, pemulihan lingkungan mampu mengurangi dampak perubahan iklim.

BACA JUGA : Di WHC 2023 Bali, PLN Buka Peluang Kerjasama Global Kembangkan Hydropower

“Lewat aksi ini dan tentu saja melibatkan peran aktif masyarakat agar kita semua bisa meningkatkan kualitas hidup manusia,” tegas Darmawan.

Tak hanya lahan tandus, PLN juga melakukan restorasi di sektor kelautan. PLN juga terus meningkatkan penanaman mangrove dan terumbu karang yang menjadi tanaman untuk menjaga ekosistem kelautan.

Antusiasme para pelajar Sekolah Dasar (SD) yang turut serta dalam aksi melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman mangrove yang merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli di kawasan konservasi Pasarbanggi, Rembang, Jawa Tengah. Total seluas 65 hektar wilayah di pesisir Jawa Tengah akan di tanami magrove kerja sama antara PLN bersama Pemerintah Provinsi.

“Hingga September 2023, 66,6 Ha telah ditanami mangrove dan 1/4 hektar lahan bertambah menjadi tutupan terumbu karang dari program pelestarian flora dan fauna,” kata Darmawan.

BACA JUGA : Optimalkan Aset, PLN Sulap Bekas Kantor di Jalan Braga, jadi “Icon Hub,” Tempat Nongkrongnya Milenial

25 sungai di Indonesia dan 43 pantai di pesisir wilayah Indonesia mampu dipulihkan ekosistemnya. PLN melakukan berbagai program konservasi sungai dan pantai sehingga habitat flora dan fauna di dua segmen ini semakin lestari.

Kegiatan survey lokasi pemulihan lahan dengan target lahan seluas 30 hektar yang akan di tanami dengan berbagai macam jenis pohon seperti pohon buah (alpukat), pohon keras (suren, eucalyptus, mindi, rasamala dan kibadak), dan pohon kopi serta lahan untuk para petani menanam sayur sebagai pendapatan jangka pendek untuk menunggu kopi alpukat berbuah bekerja sama dengan Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) di Cisanti Hulu, Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Kami juga sekaligus melakukan konservasi satwa dengan total 11.161 penyu/tukik dan membantu pemeliharaan habitat Yaki di Kawasan Konservasi Yaki di Cagar Alam Gunung Dua Saudara, Kota Bitung, Sulawesi Utara,” kata Darmawan.

Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG). Lingkungan yang lestari mampu mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia. (Rama)

Foto : Dok PLN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Menang Mudah 3-0 atas Pertamina Enduro, Jakarta Electric PLN Juara Putaran 2 Final Four PLN Mobile Proliga 2024

RESOURCESASIA.ID, SEMARANG – Jakarta Electric PLN kembali sukses ‘menyetrum’ Jakarta Pertamina Enduro dengan skor 3-0 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *