Sunday , 16 June 2024
Home / KELISTRIKAN / Tambah Lagi, PLN Operasikan SPKLU Baru di Dumai, Riau

Tambah Lagi, PLN Operasikan SPKLU Baru di Dumai, Riau

RESOURCESASIA.ID, DUMAI – PT PLN (Persero) kembali menambah satu lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Provinsi Riau, tepatnya di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Dumai, Riau. Hadirnya SPKLU ke-3 di Riau ini merupakan upaya PLN memudahkan pengguna kendaraan listrik dan mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau Evarefita menegaskan Pemprov Riau terus mendukung PLN dalam menghadirkan SPKLU. Penambahan SPKLU ini, tentunya dapat mendukung pengembangan Kota Dumai sebagai pintu gerbang utama di Sumatera dengan fasilitas Pelabuhan terbesar di Riau.

“Hadirnya SPKLU adalah sebuah sinergi positif antara PLN dengan Pemerintah Provinsi Riau sesuai amanat Bapak Presiden melalui Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan,” ujar Evarefita.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan menyampaikan, kehadiran SPKLU di Kota Dumai akan membuat masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Hal ini juga tentunya akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

“Pendirian SPKLU ini jelas sebagai komitmen mendukung terhadap pengurangan emisi karbon, inilah bagian dari desain besar transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan. Suatu kenyataan bahwa kebutuhan energi fosil dalam bentuk BBM setiap saat meningkat oleh karena itu tentunya kita berharap bahwa ke depan energi listrik bisa kita gunakan,” kata Indra.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau & Kepulauan Riau (UIDRKR) Agung Murdifi mengatakan, PLN siap menyambut masifnya penggunaan kendaraan listrik di Riau. Saat ini juga sebanyak 3 unit SPKLU telah tersedia untuk pengguna mobil listrik dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) bagi motor listrik sudah tersedia di 10 lokasi di Riau.

“Terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai yang saat ini berkenan hadir meresmikan SPKLU. PLN akan terus memperbanyak unit SPKLU dan SPBKLU yang beroperasi ini Provinsi Riau,” ujar Agung.

Agung mengatakan, PLN juga turut menggandeng berbagai pihak untuk bisa mempercepat pembangunan SPKLU dan SPBKLU ini. Untuk itu PLN membuka peluang kerja sama bisnis atau franchise bagi mitra yang berminat untuk bekerja sama.

“Untuk pengajuan bisnis model franchising ini, para calon investor cukup  mengakses halaman https://layanan.pln.co.id/partnership-io2-spklu di mana terdapat berbagai pilihan skema kerja sama sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya. (RAMA)

FOTO: DOK PLN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Manfaatkan Potensi Lokal, PLN Gandeng Pemda Jeneponto Olah Limbah Jagung Jadi Bahan Co-Firing PLTU

RESOURCESASIA.ID, JENEPONTOH – PT PLN (Pesero) melalui subholding PLN Nusantara Power (NP) menggandeng Pemerintah Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *