Monday , 18 January 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / SKK Migas Kembali Gelar Hulu Migas Goes To Campus

SKK Migas Kembali Gelar Hulu Migas Goes To Campus

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggelar kuliah umum bertajuk Hulu Migas Goes to Campus 2019 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (UMB) di kampus Meruya, Jakarta, Sabtu (7/7/2019).

Kegiatan kuliah umum dan diskusi ini bertujuan mengenalkan lebih dekat kepada dunia Pendidikan Tinggi terkait isu pengelolaan energi nasional.

Kali ini Hulu Migas Goes to Campus mengangkat tema berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mewujudkan Keadilan Energi di Era Industri 4.0”. Sebagai pembicara utama menghadirkan Guru Besar yang juga pakar di bidang Teknologi Informasi Prof Dr Achmad Benny Mutiara dari Universitas Gunadarma.

Hadir juga dari pihak SKK Migas yakni Kepala Departemen Komunikasi SKK Migas, Erry P Afandi dan Senior Manager Kapasitas Nasional SKK Migas, Bayu Murbandono.

SKK Migas menggelar Hulu Migas Goes to Campus. Ajang ini untuk meningkatkan pemahaman industri hulu migas kepada generasi muda.

Menurut Kepala Departemen Komunikasi SKK Migas, Erry P Afandi, kegiatan ini bertujuan mengenalkan pemahaman industri hulu migas kepada generasi muda.

“Melalui program tersebut, selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman industri hulu migas di kalangan Perguruan Tinggi dan mahasiswa, SKK Migas juga ingin berbagi pengalaman dan menyerap masukan dan informasi dari civitas akademika yang bisa digunakan untuk perbaikan industri hulu migas di masa depan,” papar Erry disela-sela pelaksanaan acara Hulu Migas Goes To Campus di Kampus Universitas Mercu Buana, Jakarta, Sabtu (7/7/2019)

Lebih lanjut Erry menjelaskan bahwa industri hulu migas merupakan proyek negara dan SKK Migas ditunjuk sebagai lembaga negara yang bertugas melakukan pengawasan dan pengendalian.

“Kegiatan operasinya sendiri dijalankan oleh KKKS, yaitu perusahaan-perusahaan migas yang telah menandatangani kontrak kerja sama hulu migas dengan Indonesia,” tambahnya.

SKK Migas selalu mengupayakan untuk menyampaikan mengenai pentingnya menciptakan iklim investasi yang kondusif di industri ini. “Kami sampaikan ini dalam berbagai kesempatan, termasuk dalam acara Hulu Migas Goes to Campus kepada civitas akademika dan mahasiswa,” paparnya.

Edukasi mengenai industri hulu migas memang harus terus dilakukan di kampus karena Perguruan Tinggi sebagai tempatnya mahasiswa belajar perlu memahami peran dan fungsi SKK Migas terhadap kelangsungan industri migas di Indonesia.

Edukasi juga penting bagi publik agar memiliki kesadaran yang sama untuk menjaga iklim investasi di masing-masing daerah tetap kondusif untuk kelangsungan usaha migas yang memberikan kontribusi tidak sedikit bagi kemajuan Indonesia.

Apalagi sekarang ini memasuki kemajuan teknologi informasi yang membawa industri Migas menuju era digitalisasi 4.0. “Maka perlu berbagi pengalaman antara SKK Migas dengan kalangan perguruan tinggi untuk bisa saling melengkapi,” pungkasnya.

Kuliah umum tersebut mendapat sambutan luar biasa dari para mahasiswa dan civitas akademika. Lebih dari 500 peserta membanjiri ruang Auditorium kampus di kawasan Jakarta Barat tersebut. Berbagai pandangan dan pertanyaan disampaikan para peserta. (Rama)

Foto: Dok Resourcesasia

Check Also

SKK Migas Raih Gold Rank Dalam Ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2020

RESOURCESASIA.ID – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) …

Leave a Reply