Saturday , 3 December 2022
Home / ENERGI MINYAK & GAS / SKK Migas & Subholding Upstream Pertamina Regional 1 Sumatera Zona 4 Apresiasi Kinerja Elnusa

SKK Migas & Subholding Upstream Pertamina Regional 1 Sumatera Zona 4 Apresiasi Kinerja Elnusa

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) mendapat apresiasi dari SKK Migas dan Subholding Upstream (SHU) Pertamina Regional 1 Sumatera Zona 4 saat Peresmian Proyek Engineering Procurement Construction (EPC), yakni Pembangunan Stasiun Pengumpul (SP) Gas Beringin A di Desa Beringin, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim, pada Senin, (30/5).

Proyek pembangunan SP Gas Beringin A 15 MMSCFD Asset 2 Prabumulih Field mendapatkan apresiasi karena telah berhasil melaksanakan Gas Onstream dengan jam kerja selamat mencapai 1.106.580 man-hour dengan Zero Lost Time Incident (LTI).

Pembangunan SP Gas Beringin A bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak dan gas bumi (migas) hingga mencapai 15 million standard cubic feet per day (mmscfd) untuk gas dan 382 barrel per day (bpd) untuk kondensat. Pengoperasian SP Beringin A akan dilakukan oleh Prabumulih Field di bawah Subholding Upstream Pertamina Regional 1 Sumatera Zona 4.

General Manager Regional 1 Sumatera Zona 4, Agus Amperianto dalam acara, menyampaikan komitmen dalam meningkatkan produksi migas dari wilayah Sumatra Selatan dengan Spirit of SUMATERA (SUstainable, MAssive, To Grow, Efficient, Resilient, dan Aggressive) sehingga operasi migas dapat berjalan selamat, efektif, dan unggul, serta berkontribusi secara signifikan dan berkelanjutan terhadap pencapaian target produksi migas nasional.

“Keberhasilan pembangunan ini merupakan bukti nyata kolaborasi bersama dengan Elnusa dalam upaya mendorong semangat untuk terus berkontribusi meningkatkan produksi migas di wilayah Sumatra Selatan. Pembangunan SP Beringin A juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produksi migas.” Ujar Agus.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi Elnusa, Charles Harianto Lumbantobing menyampaikan rasa bangga dan juga mengapresiasi pencapaian atas penyelesaian proyek Beringin. “Terimakasih atas dukungan SKK Migas dan SHU Pertamina Regional 1 Sumatera Zona 4 pada proyek ini, dan selamat untuk Tim EPC & Operation Maintenance Elnusa beserta Tim Project Beringin atas kerja kerasnya yang telah menyelesaikan pekerjaan dengan capaian baik.” Tuturnya.

“Dengan semangat kolaborasi, Elnusa siap untuk terus berperan aktif mendukung Subholding Upstream, Pertamina Group dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi nasional minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (MMscfd) pada 2030 mendatang”. Ujar Charles

Sementara itu, Manajer Senior Manajemen Proyek SKK Migas Noezran Azwar menyampaikan, untuk meningkatkan optimalisasi proyek perlu berupaya secara optimal dengan optimasi terhadap sinergi di internal KKKS antara fungsi teknis, fungsi manajemen asset dan fungsi pengadaaan sehingga menghasilkan pemenuhan kebutuhan proyek yang sesuai jadwal dan tepat sasaran dan secara aktif mengembangkan inovasi dengan pemanfaatan peralatan yang merupakan asset dari material di lapangan lain atau bahkan dari KKKS lain.

Pada acara peresmian Pembangunan SP Gas Beringin A tersebut, dilakukan juga penanaman pohon sebagai salah satu dukungan usaha mengurangi polusi serta meningkatkan penyerapan carbon di lingkungan sekitar wilayah operasi. Momen ini juga bertepatan dalam rangka hari menyambut lingkungan hidup sedunia yang diperingati pada 5 Juni 2022 kemarin. (RA)

Check Also

SKK Migas Tuntaskan Pengeboran 616 Sumur Pengembangan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Kerja keras dan upaya menjaga tingkat produksi minyak dan gas pada level …

Leave a Reply