Friday , 14 June 2024
Home / ENERGI TERBARUKAN / Siapkan SDM Berwawasan Keberlanjutan Energi, Pertamina Geothermal Energy Jalin Kerjasama dengan Universitas Pertamina

Siapkan SDM Berwawasan Keberlanjutan Energi, Pertamina Geothermal Energy Jalin Kerjasama dengan Universitas Pertamina

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Keberlanjutan energi menjadi tantangan besar yang dihadapi Indonesia di masa mendatang. Dalam menghadapi tantangan tersebut diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang siap bersaing secara global untuk mengoptimalkan ketersediaan energi yang bersih dan berkelanjutan. Dengan itu, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) bekerjasama dengan Universitas Pertamina untuk mencetak SDM berkualitas di industri Energi Baru dan Terbarukan (EBT) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

“Sebagai salah satu pelaku industri Energi Baru dan Terbarukan (EBT), masalah SDM menjadi perhatian besar kami. Dengan terciptanya SDM berkualitas yang lahir dari ekosistem pendidikan yang berkualitas, kompetitif dan berwawasan sustainability, maka separuh langkah menghadapi tantangan di masa depan sudah terjawab,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, Julfi Hadi.

Julfi menyampaikan hal tersebut saat menandatangani kontrak kerjasama antara PGE dan Universitas Pertamina di Jakarta (31/7). Dalam acara penandatanganan MoU ini, turut hadir Rektor Universitas Pertamina Prof. Dr. Wawan Gunawan A.Kadir, M.S.

Dalam kesempatan ini, Prof. Wawan mengatakan kerjasama yang dilakukan dengan entitas industri menjadi langkah penting untuk menyiapkan SDM siap pakai. Ia juga menggarisbawahi bahwa penyiapan SDM berkualitas itu menjadi langkah strategis dalam menjawab tantangan energi.

“Kerjasama ini akan difokuskan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia,” jelas Prof. Wawan.

Prof. Wawan juga mengatakan Universitas Pertamina sangat mendukung pembangunan SDM dalam aspek keberlanjutan melalui Sustainability Center. Dengan pembelajaran dan pelatihan aplikatif, ia berharap seluruh pekerja Pertamina memiliki mindset keberlanjutan dalam setiap aktivitasnya, dan dirinya juga beranggapan bahwa kerjasama ini merupakan hal penting guna menunjang visi sustainability Pertamina.

Sementara itu, Julfi menilai hadirnya kerjasama ini juga bisa menjadi bentuk saling mendukung tercapainya proses transisi energi yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

“Saya berharap kerjasama ini bisa membuat kedua belah pihak bisa mendukung tercapainya dekarbonisasi dan bisa menjadi bentuk dukungan terhadap agenda net zero emission 2060,” tutur Julfi.

Tentang PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) (IDX: PGEOmerupakan bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi. Saat ini PGE mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dan 1 Wilayah Kerja Penugasan dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877 MW, dimana 672 MW dioperasikan dan dikelola langsung oleh PGE dan 1.205 MW dikelola dengan skema Kontrak Operasi Bersama. Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun.

Sebagai world class green energy company, PGE ingin menciptakan nilai dengan memaksimalkan pengelolaan end-to-end potensi panas bumi beserta produk turunannya serta berpartisipasi dalam agenda dekarbonasi nasional dan global untuk menunjang Indonesia net zero emission 2060. PGE memiliki kredensial ESG yang sangat baik dengan 13 penghargaan PROPER Emas sejak 2011 sampai tahun 2022 dalam penghargaan kepatuhan lingkungan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Peringkat & Keterlibatan ESG. (Rama)

Foto: Dok PGE

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Dorong Penurunan Emisi, Pemerintah Hadirkan Lampu Tenaga Surya di Kabupaten Cilacap

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA –  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *