Friday , 21 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / RUPST ELNUSA Konsisten Bagikan Dividen 50 persen dari Laba Bersih

RUPST ELNUSA Konsisten Bagikan Dividen 50 persen dari Laba Bersih

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022. Gelaran ini menggunakan dua mekanisme kehadiran yaitu hadir dalam rapat secara fisik juga secara elektronik melalui aplikasi eASY.KSEI.

RUPST Elnusa membahas lima mata acara di antaranya:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan 2022 termasuk di dalamnya Laporan Pengawasan Dewan Komisaris dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022;
  2. Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2022;
  3. Penetapan Tantiem tahun 2022 dan Remunerasi tahun 2023 bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris;
  4. Penunjukan Akuntan Publik untuk Melakukan Audit Laporan Keuangan Tahunan Perseroan tahun buku 2023;
  5. Persetujuan Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

Corporate Secretary Elnusa, Asmal Salam mengatakan “Tahun 2022 adalah tahun dimana Elnusa berhasil bangkit dari tekanan yang melanda sejak pandemi 2020. Perseroan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp12,3 triliun pada 2022, naik 51% Year on Year (YoY) dari tahun 2021 sebesar Rp8,1 triliun dengan laba bersih Rp378 miliar, tumbuh substantial 248% Year on Year (YoY) dari tahun 2021 sebesar Rp108 miliar. Perolehan tersebut didorong atas peningkatan disemua segmen bisnis Perseroan seiring dengan peningkatan aktivitas hulu migas dan kebutuhan BBM industri maupun masyarakat.”

“Atas pencapaian tersebut, RUPST menyetujui pembagian dividen sebesar Rp189 miliar atau 50% dari Laba Bersih Tahun Buku 2022. Pembagian tersebut setara dengan Rp25,90 per saham dan sisanya akan menjadi laba ditahan atau retained earning Perseroan,” kata Asmal.

Asmal menambahkan, “Dalam RUPST, sesuai dengan usulan dari Pemegang Saham Pengendali terkait dengan mata acara Perubahan Susunan Pengurus Perseroan, RUPST menyetujui pergantian Pengurus Perseroan. Elnusa mengganti Direktur SDM & Umum Elnusa Tenny Elfrida, yang telah menyelesaikan satu periode masa jabatannya, RUPST juga menyetujui pengangkatan Hera Handayani sebagai Direktur SDM & Umum Elnusa yang baru dan mengangkat kembali Agus Prabowo sebagai Komisaris Utama Elnusa.”

Elnusa mengucapkan terima kasih kepada anggota Direksi atas dedikasi dan kontribusinya selama mengemban amanah di Perusahaan. Sehingga efektif setelah ditutupnya RUPST, susunan Pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS:
Komisaris Utama: Agus Prabowo
Komisaris: Wakhid Hasyim
Komisaris Independen: Lusiaga Levi Susila
Komisaris Independen: Hernawan Bekti Sasongko

DIREKSI:
Direktur Utama: John Hisar Simamora
Direktur Keuangan: Bachtiar Soeria Atmadja
Direktur Operasi: Charles Harianto Lumbantobing
Direktur Pengembangan Usaha: Ratih Esti Prihatini
Direktur SDM & Umum: Hera Handayani

Sekilas Elnusa
PT Elnusa Tbk (Elnusa) merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa penunjang dan jasa distribusi dan logistik energi. Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM). Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical. Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain. Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ‘ELSA’ serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya. (RAMA)

FOTO: DOK ELNUSA

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *