Wednesday , 24 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur Gelar Program “Mengarungi Lautan Untuk Indonesia”

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur Gelar Program “Mengarungi Lautan Untuk Indonesia”

RESOURCESASIA.ID, BALIKPAPAN – PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, menyelenggarakan program bersama media massa di Kalimantan Timur bertajuk “Mengarungi Lautan Untuk Indonesia”, Rabu (22/03). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman wartawan mengenai industri hulu migas, khususnya operasi migas offshore yang dikelola PHKT.

Para awak media diajak untuk mengarungi lautan dan melihat secara langsung proses produksi minyak dan gas bumi, ke wilayah kerja PHKT di tiga titik lokasi Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) yaitu Rig Sinoocean Harvest, Sepinggan Field dan Yakin Field program ini. Kegiatan mengelilingi rig ini diikuti oleh media online, cetak, dan radio serta komunitas fotografer.

Superintendent Production Yakin Field, Fredi Subiantoro, menyampaikan apresiasi Perusahaan kepada rekan media dan jurnalis atas kerja sama dan dukunga media massa kepada operasi dan bisnis PHKT selama ini.

“Media merupakan salah satu pemangku kepentingan Perusahaan yang berperan dalam mengedukasi masyarakat mengenai industri migas sehingga masyarakat dapat menerima dan memberikan dukungan untuk keberlangsungan operasi hulu migas dan investasi Perusahaan dalam menambah cadangan dan produksi migas,” ujar Fredi.

Lebih lanjut, Fredi menambahkan bahwa PHKT terus berupaya memberikan kontribusi dalam penyediaan energi bagi Indonesia dengan mendukung program Pemerintah mencapai 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030.

“Meskipun operasi PHKT berada di lepas pantai, kami pun terus hadir dengan program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan di sekitar wilayah operasi Perusahaan,” tambah Fredi.

Dalam program ini, Fredi menjelaskan bahwa rig dan platform yang dikunjungi sudah ada sejak tahun 1975. “Berbagai inovasi dan teknologi guna meningkatkan recovery rate dari sumur-sumur migas yang ada terus dilakukan dengan menjalankan pendekatan strategis dalam memilih proyek migas yang dapat memberikan investasi terbaik sesuai dengan kondisi lapangan yang sudah mature,” ujar Fredi.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Balikpapan, Debi, yang ikut serta dalam program, ini memberikan apresiasinya kepada PHKT atas kegiatan dan upaya untuk memperkenalkan industri hulu migas secara langsung ke tempat produksi.

“Dalam setiap kegiatan mengelilingi lapangan, selain ilmu baru yang didapat dari narasumber, pada kesempatan ini kami juga bersilaturahmi dan saling lebih mengenal antar wartawan komunitas. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat diagendakan setiap tahun, dengan mengunjungi lokasi UMKM binaan PHKT juga,” pungkasnya. (RAMA)

FOTO: PHI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Siap Dukung Event Internasional, Pasokan dan Distribusi BBM di Bali dipastikan Berjalan Lancar

RESOURCESASIA.ID, BALI – Bali terkenal dengan daerah tujuan wisata dan menjadi tempat perhelatan nasional hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *